Tanya Dokter

  • nyeri setelah patah tulang paha yang tidak dioperasi

  •  Johan Martono
    Anggota

    Dok saya mengalami patah tulang paha akibat jatuh terduduk tetapi tidak operasi (takut operasi) hasil rontgen memang tidak bisa pulih seperti semula, sekarang yang saya rasakan agak nyeri dan belum bisa bertumpu sebelah kaki, yang patah kaki kiri. Obat atau apa yg harus saya lakukan seandainya tidak operasi. terima kasih penjelasannya.

    Hai, Patah pada tulang paha dapat terjadi di sepanjang bagain tulang paha, secara garis besar dapat dibedakan menurut tempat terjadinya, yaitu pada bagian leher maupun bagian batang dari tulang paha. Patah pada tulang paha dapat terjadi dengan :

    1. disertai adanya robekan / luka pada kulit yang menutup tempat patah terjadi (patah tulang terbuka)
    2. tanpa adanya luka pada kulit (patah tulang tertutup)
    Jika jenis patah yang Anda alami adalah patah tulang terbuka, maka operasi secepatnya sangatlah diperlukan, karena kondisi tulang yang terekspos ke lingkungan membuat resiko terjadinya infeksi sangat tinggi. Apabila patah tulang yang dialami adalah jenis patah tulang tertutup maka dokter biasanya dapat menunda operasi hingga kondisi penderita lebih stabil. Sebagian besar patah tulang paha yang terjadi membutuhkan terapi dengan operasi. Hanya patah tulang paha pada anak kecil yang biasanya dapat diterapi tanpa operasi. Jika Anda tidak melakukan operasi pada patah tulang paha, berikut merupakan beberapa kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi (yang juga dapat memicu timbulnya rasa nyeri) :
    1. malunion - patah tulang yang menyambung dengan bentuk tidak seperti semula, dapat menyebabkan kaki memendek sebelah pada tempat yang patah (shortening), sudut tulang terputar sehingga kaki bagian bawah ikut terputar mengakibatkan jari kaki tidak menghadap depan seperti orang normal, atau terbentuk sudut aneh pada kaki (angulasi)
    2. non union - jika patahan tulang saling terpisah secara jauh, maka penyambungan tulang tidak dapat terjadi sehingga sampai penyembuhan tulang paha tetap akan terbagi menjadi 2 bagian terpisah
    3. avascular necrosis - matinya jaringan tulang paha akibat terputusnya supply darah yang membawa oksigen dan nutrisi
    4. ujung dari patahan tulang yang tajam dapat melukai otot, saraf, kulit dan struktur lainnya disekitar tulang hingga menyebabkan rasa nyeri yang terus menerus terjadi
    Sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter spesialis bedah orthopaedi untuk kondisi Anda, jelaskan mengenai pilihan Anda untuk tidak mau melakukan operasi. Dokter yang menangani dan mengetahui kondisi Anda dari awal mungkin akan memiliki solusi jalan tengah untuk kondisi Anda. Cegah jangan sampai kondisi tulang Anda terabaikan tanpa penanganan.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Johan Martono  Destia RamaDani
    Anggota

    Halo dok.. Saya punya abg yg patah tulang paha ..sdh hampir 6 bulan belum ad reaksi ap2 dok..cuma di urut tapi sekarang setelah di ronsen hasil nya menjelaskan kalau tulang yg patah itu terjadi peregangan dan telah berlemak maka harus segera di kasih pen.. bgaimana solusi yg trbaik dok ??