Tanya Dokter

  • Penanganan lengan bengkak dan kaku saat patah tulang

  •  Wahyudi22
    Anggota
    Dok, bulan agustus lalu saya kecelakaan , lengan kanan bawah saya patah, sekitar bulan oktober akhir tulang udah nyambung berdasarkan foto rontgen, namun karna diikat perban terlalu kencang, jari2 saya bengkak sampai skrg, semakin kecil bengkaknya jadi semakin kaku, apa yg aku lakukan utk keadaan ini dok, dan obat apa utk bisa menghilangkan bengkak dan kaku, terimakasih atas jawabannya.

    Hallo Wahyudi22

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Pada proses patah tulang sebagai salah satu bentuk penanganannya, biasanya setelah dilakukan penyambungan dengan proses operasi atau hanya dengan pemasangan gips atau pembebatan menggunakan elastis band, biasanya daerah yang patah akan diatur posisinya agar tidak mudah bergerak sehingga mempercepat penyembuhan tulang. Proses ini biasanya menyebabkan daerah yang yang diistirahatkan cukup lama akan mengalami kekakuan karena kurang aktif dipergunakan. Jika anda sudah diperbolehkan melepas penyangga tangan anda, maka biasanya anda akan disarankan untuk melakukan fisioterapi, dimana tujuannya adalah mencegah kekakuan pada otot lengan anda. Biasanya anda akan dilatih melakukan gerakan sederhana dan setelah beberapa lama gerakan akan semakin rumit sehingga lengan anda tidak akan mengalami kekakuan. Namun hati-hati, pergerakan tangan berlebihan juga bisa mengganggu proses penyembuhan tulang anda. Jika luka bekas operas (jika memang ada) atau cedera lain telah mongering, maka anda dapat melakukan kompers hangat atau kompres dingin untuk mengurangi bengkak. Pastikan anda menjelaskan pada orang yang memasang perban anda untuk tidak melilit perban terlalu kencang pada lengan anda, sehingga tidak terjadi penekanan berlebihan pada lengan anda yang bisa membuat tangan anda bengkak.

    Sebaiknya lakukan kontrol rutin pada dokter yang merawat anda sekaligus untuk menilai kondisi lengan anda. Anda perlu waspada, bisa saja bengkak pada lengan anda disebabkan karena infeksi pada jaringan tulang atau jaringan lain sekitar tulang. Untuk itu perlu evaluasi dari dokter. Untuk obat yang anda konsumsi, jika nyeri maka anda dapat mengkonsumsi obat pengurang rasa nyeri. Sedangkan untuk obat lainnya sebaiknya atas saran dan indikasi dari dokter yang merawat anda.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino