Tanya Dokter

  • Penanganan patah tulang bahu kanan

  •  syanur
    Anggota
    Adik saya umur 7 tahun dok. Skarang dia patah tulang bahu kanan . Apakah penanganan lebih lanjut dok?
    syanur  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo syanur,

     

    Patah tulang merupakan kondisi dimana terjadinya pemisahan fragmen tulang yang utuh akibat adanya pengaruh trauma. Terjadinya patah tulang umumnya meningkat pada usia lansia karena pengaruh dari osteoporosis yang terjadi pada tulang. Patah tulang dapat terjadi pada semua orang dari berbagai kalangan usia dari anak-anak sampai dengan usia dewasa.

     

    Adanya patah tulang menyebabkan beberapa keluhan yang dapat dirasakan seperti keterbatasan dalam melakukan gerakan, nyeri, terjadinya perubahan bentuk rangka pada tulang yang patah, memar pada area tulang yang mengalami patah.

     

    Pada terjadinya patah tulang, sebaiknya segeralah untuk membawa adik anda ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan serta penanganan dari dokter. Pada saat pemeriksaan akan dilakukan pemeriksaan fisik pada area yang mengalami patahan dan akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti foto Roentgen atau CT-Scan apabila diperlukan untuk memastikan area yang mengalami patahan dan menilai apakah fragmen patahan dalam posisi baik atau tidak. 

     

    Beberapa langkah yang dapat anda lakukan pada pada terjadinya patah tulang diantaranya :

     

    • Apabila terjadi pendarahan, lakukan penghentian pendarahan dengan menggunakan kain yang bersih atau kain kassa.
    • Mengompres area patahan dengan menggunakan air dingin
    • Melakukan pembebatan pada area patahan untuk meminimalisir pergerakan pada tulang. Namun perlu diketahui bahwa hindari untuk membebat terlalu kencang karena dapat mengganggu peredaran darah pada area yang mengalami patahan

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi