Tanya Dokter

  • patah tulang bahu kiri

  •  Invit Satu
    Anggota

    Dok, sy mngalami ptah tulang bahu kiri. Sudah ke dr.ortopedi cuma di sabuk segitiga dn di kash kalsium. Kontrol slnjutnya jg cuma di cek manual tdk ad scan.shari stelah scan sy sdkit lbh aktif dn tiba² tulang linu dn nyeri sekali.

    Hai, Tulang bahu / selangka, atau yang dikenal di dunia medis dengan nama klavikula adalah tulang yang memiliki bentuk memanjang, terletak horisontal kanan kiri di daerah bahu, dan menghubungkan antara tulang dada dengan lengan atas. Patah pada tulang bahu ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis :

    1. Tipe pertama - undisplaced : apabila dua ujung bagian tulang yang patah tetap saling berdekatan dan posisinya tidak berubah jika dibandingkan dengan posisi normalnya.
    2. Tipe kedua - displaced : pada jenis ini ujung bagian patah dari tulang saling berjauhan dan terjadi perubahan bentuk pada tulang akibat berjauhannya ujung-ujung patahan tersebut.
    Mengenai pengobatan yang dilakukan, semua akan disesuaikan dengan jenis patah tulang yang Anda alami. Untuk tipe kedua, perlu untuk dilakukannya operasi. Jika Anda menderita patah tulang tipe pertama, dokter pada umumnya tidak akan menyarankan untuk operasi. Untuk patah tulang bahu tipe ini perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan :
    • memberi penyangga tangan/bahu untuk suport dan menjaga posisi agar tetap tidak berubah
    • obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri
    Seiring dengan terjadinya penyembuhan, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan fisioterapi. Hal ini untuk membantu mengembalikan fungsi otot setelah lama memakai penyangga, karena lama kelamaan setelah diam dengan penyangga otot akan menjadi kaku dan lemah, sehingga pada saat pertamakali digunakan untuk beraktivitas lagi akan terasa sangat nyeri. Namun, jika nyeri terasa sangat luar biasa segera temui dokter Anda untuk pemeriksaan secara langsung. Selain itu tetaplah datang untuk kontrol pada tanggal-tanggal yang telah ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat membuka halaman berikut : Patah Tulang Selangka     Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.