Tanya Dokter

  • patah tulang bahu kiri

  •  Tata Octavia
    Anggota

    Alodokter yth..

    saya ingin konsultasi ,

    usia sy 30thn 5 minggu yg lalu sy mngalami kclakaan dan tulang bahu kiri saya patah.

    sudah ke rumah sakit ortopedi, disana tdk di oprasi dan hanya di sling serta di kasi obat.

    check up ke 1 tdk di apa"kan cuma di tambah obatnya .

    stelah minggu ke 3 sy rongsen kr RS terdekat,krna ortopedi jauuh skali.

    dr hsil x-ray tsb tdk ada perubahan pd posisi tulang yg ptah dan masih sering ngilu ngilu, akhirnya sy di bwa ke ahli urat syaraf dan tulang,byk perubahan stelah di urut persendian bahu sy dan skrg sdh bs utk mengayun pelan bila jln,dn kuat bawa gelas/hp.

    tp di tulang bahu sy msih ada benjolan tulang ptah itu , mski tdk sakit tp sy risau apakah tulang sy bisa lurus sndri tnpa oprasi dokter??

    sy sudah mngkonsumsi mak min yg berkalsium tinggi dan propol*s.

    mohon pencerahanya Dr. thanks

    Tata Octavia  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Patah tulang pada regio bahu, terjadi pada tulang klavikula, yaitu tulang panjang penghubung antara tulang dada(sternum) dengan tulang belikat. Pada kondisi patah tulang kalvikula, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan terkait dengan proses terapi yang sesuai nanti nya, yaitu kondisi patahan dan lokasi terjadinya patah. Terdapat dua tipe kondisi, yaitu :

    • Tipe patah tulang yang kedua ujung patahannya tetap saling berdekatan dalam satu garis lurus, dan tidak berubah dari posisi semula.
    • Tipe patah tulang yang kedua ujungnya terletak berjauhan, tidak dalam satu garis lurus dan terjadi perubahan posisi dan bentuk.
    Berdasarkan lokasi, patah klavikula dibagi menjadi tiga regio :
    • Regio sepertiga dekat dada
    • Regio sepertiga tengah
    • Regio sepertiga ujung luar bahu
    Gejala yang dialami pada penderita patah tulang clavikula diantara nya adalah :
    • Sangat nyeri, dan sulit menggerakkan tangan pada sisi yang patah
    • Bahu terlihat jatuh ke depan atau belakang
    • Memar, bengkak atau terasa empuk pada bagian patah
    • Timbul benjolan atau deformitas pada bagian yang patah
    Diagnosis ditegakkan oleh dokter dengan mempertimbangkan penyebab patah tulang, riwayat kejadian, posisi jatuh atau mekanisme benturan. Kemudian dilakukan pemeriksaan fisik daerah yang patah, dan dilakukan pemeriksan radiologi foto x-rays untuk memastikan adanya patah tulang. Untuk penatalaksanaan dari patah tulang clavicula, bergantung pada kondisi patah dan lokasi patah yang terjadi. Hampir sebagian besar patah tulang clavikula tidak memerlukan tindakan operasi. Biasa nya pada tipe patah tulang dengan ujung patah berdekatan, dan pada lokasi sepertiga tengah atau sepertiga dekat dada, tidak dilakukan tindakan operasi. Untuk patah tulang dengan kondisi tersebut biasanya ditangani dengan :
    • Pemberian peyangga bahu berupa arm sling atau perban elastik, dengan tujuan untuk mensupport agar posisi tetap pada posisi normal dan tidak berubah serta tidak banyak bergerak, agar penyatuan tulang terjadi dengan baik.
    • Pemberian obat-obat anti nyeri untuk mengurangi rasa nyeri
    • Pemeriksaan berkala setiap 2 atau 3 minggu sekali, untuk melihat apakah ada perubahan dan pergeseran dari posisi semula
    Tindakan tersebut hanya sebagai upaya pembantu, namun sesungguhnya proses penyembuhan tulang terjadi dengan sendiri nya. Rata-rata pada orang dewasa membutuhkan waktu 6-12 minggu untuk proses penyatuan tulang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan selama proses penyembuhan adalah :
    • Upayakan jangan banyak menggerakkan tulang yang patah, agar tidak bergeser dan menjadi lebih parah, karena nanti nya dapat terbentuk tulang yang penyatuannya tidak tepat (malunion)
    • Periksakan diri secara rutin ke dokter hingga patah tulang telah menyatu. Dokter akan memeriksa dan memastikan bahwa selama proses penyembuhan tulang berada di posisi yang tepat agar dapat menyatu dengan baik nanti nya.
    • Setelah anda mulai sembuh, nyeri akan berkurang dan dokter akan menyarankan agar anda melakukan latihan atau terapi fisik pada otot dan sendi lengan untuk mencegah terjadinya kelemahan dan kekakuan pada lengan tersebut akibat lama tidak digunakan. Latihan dimulai dengan gerakan kecil isomteris, kemudian secara perlahan akan dilatih untuk kekuatan otot mengangkat benda-benda ringan dan kemudian  secara bertahap melakukan aktivitas rutin, tentu nya semua itu dengan tuntunan dari dokter yang merawat.
    • Hindari melakukan olahraga atau aktivitas berat selama proses awal penyembuhan.
    • Perlu diperhatikan bahwa selama proses penyembuhan mungkin akan merasakan adanya benjolan di daerah tulang yang patah, anda tidak perlu khawatir, karena seiring berjalannya penyembuhan, sebagian besar benjolan juga akan berkurang, namun demikian benjolan juga dapat menetap secara permanen meskipun tulang sudah menyatu.
    • Konsultasikan pada dokter kapan waktu untuk memulai rutinintas normal kembali
    Saran untuk Anda dan para pembaca lain adalah pada kondisi patah tulang, sangat tidak disarankan untuk melakukan tindakan pengurutan atau pemijatan karena tindakan tersebut dapat menyebabkan pergeseran posisi tulang, atau bahkan menyebabkan patahan tulang semakin menjauh, dan menyebabkan hasil akhir penyatuan tulang tidak sempurna atau tidak bagus. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri kembali ke dokter Sp orthopedi, karena tentu nya dokter tersebut lebih memahami kondisi anda dan agar dapat dinilai ulang posisi tulang anda saat ini dan dapat dinilai apakah sudah terlihat proses penyatuan tulang atau belum. Perlu diingat bahwa proses penyatuan tulang membutuhkan waktu rata-rata 6 minggu-12 minggu pada orang dewasa. Sekian informasi dari saya,  semoga dapat membantu. Anda dapat membaca lebih lengkap pada artikel Patah Tulang Selangka

    Tata Octavia  Andit RK
    Anggota

    dok apakah tulang yang sudah malunion masih bisa di luruskan ?

    Jika dilakukan tindakan oprasi dan terdapat benjolan.dokter bilang it pen yg dipasang tapi kenapa terasa sangat nyeri dan sakit seperti tertusuk jarum di sekitar benjolan pen tersebut.oprasi sudah berlangsung 4 bulan lalu.apakah saya bisa oprasi untuk pengangkatan pen tersebut.mohon penjelasannya.terima kasih