Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan patah tulang di selakangan

  • Dok,, kaki saya patah di selakangan akibat bermain bola,,dah 3 bulan kaki saya gk sembuh2,, bagaimana cara penyembuhanya?? apakah cara penyembuhan tradisional boleh di anjurkan,,di urut,sangkal patung misalnya,,??

    Hai Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan foto rontgen pada tulang yang cedera. Penanganan patah tulang tergantung jenis, apakah ada pergeseran atau tidak, dan berat ringannya. Pada patah tulang sederhana yang hanya retak biasanya hanya perlu dilakukan istirahat (imobilisasi) dari gerakan sementara dengan cara di gips yang sekaligus untuk membantu proses pertumbuhan tulang baru. Pada patah tulang yang terjadi pergeseran antar patahan, diperlukan tindakan operasi untuk memperbaiki posisi. Sebaiknya bila terjadi patah tulang Anda memeriksakan dan ditangani oleh dokter spesialis bedah tulang (orthopedi) bukan ke dukun patah tulang, tukang urut, atau pengobatan tradisional lainnya, karena bila tidak dilakukan penanganan tepat dapat terjadi beberapa komplikasi seperti:

    • Tulang lebih pendek akibat penyembuhan tulang pada posisi yang tidak benar, bila pada tulang kaki maka dapat menyebabkan pincang dan sulit beraktivitas
    • Pergerakan menjadi sulit dan tidak normal
    • Infeksi bila patah tulang melukai kulit.
    Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william