Tanya Dokter

  • penanganan patah tulang paha

  •  Desiratna Sa
    Anggota
    dok, abg saya patah tulang paha 2,5 bulan yg lalu dan ketika sekarang di gerakkan masih sedikit sakit pada gerakan tertentu.apakah tidak apa demikian jika trus digerakkan ? tks

    Halo,

    Tulang paha merupakan tulang terbesar dan terkuat di tubuh manusia, serta pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan untuk sembuh sepenuhnya. Hal ini juga bergantung dari seberapa parah patah yang dialami, asupan yang di konsumsi, infeksi yang terjadi. Umumnya gejala-gejala yang mungkin dirasakan saat terjadi patah tulang, seperti rasa nyeri, terlihat adanya pembengkakan, memar, berdarah, atau ada bagian tulang yang menonjol di bawah kulit yang luka. Selain itu, komplikasi juga dapat terjadi jika penanganan yang dilakukan tidaklah tepat, seperti kerusakan pada pembuluh darah dan saraf, infeksi tulang, atau infeksi pada jaringan di sekitarnya.

    Untuk itu penanganan medis perlu dilakukan dalam pemberian penanganan yang tepat terhadap kondisi yang dialami. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, wawancara medis, melihat rekam medis, dan bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan medis penunjang, seperti X-ray. Proses penyembuhan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu atau hitungan bulan. Semua hal itu tergantung dari jenis, keparahan patah tulang yang Anda alami, serta kepatuhan Anda dalam menjalani semua instruksi dari dokter.

    Sementara itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti:

    • Hindari melakukan aktivitas/kegiatan yang terlalu berat
    • Rutin berolahraga sesuai dengan anjuran dokter
    • Konsumsi makanan yang bergizi dan tinggi kalsium

    Baca juga artikel berikut: Mengalami patah tulang kunjungi dokter ortopedi

    Semoga membantu,

    dr.Theresia