Tanya Dokter

  • Terapi yang tepat untuk patah tulang paha

  •  Zaki Baihaki
    Anggota
    Malam dok, izin bertanya dok. Saya ingin bertanya mengenai yg tadi saya bilang tentang tulang paha saya yg patah dalam waktu sebulan ini blm tumbuh dok, kemarin saya udh sebulan dok saya patah tulang dan kemarin rosgen kembali ternyata blm tumbuh dok. Apa emng begitu dok kalo baru mau sebulan?Tetapi saya merasakan kaki saya lebih enakan dok dari sebelum2nya. Alhamdulillah dok saya tidak sesuai dengan gejala seperti narkoba,alkohol,infeksi ataupun pendarahan dan memang saya dulu perokok tetapi semenjak saya kecelakaan patah tulang ini saya sudah sebulan ini sudah berenti merokok tidak merokok sama sekali. Saya sudah makan daging, sayur sayuran, kacang-kacangan dan susu sekarang dok. Oh iya dok malahan saya kata dokternya boleh kaki saya digerak gerakin asal enakan dan tidak dipaksakan dan asal jgn napak kaki nya ke bawah dulu, tapi kenapa ya dok yg saya rasakan sakitnya di deket selangkangan saya dok rasa sakit tapi gak begitu sakit seperti ngilu ngilu gitu? Saya mau nanya juga dok susu apa ya dok yg bagus untuk patah tulang?

    Terima kasih Zaki Baihaki atas pertanyaannya di forum Alodokter, kondisi patah tulang dapat merupakan dampak dari adanya benturan yang cukup keras sehingga mengakibatkan kerusakan pada struktur tulang. Dimana pada kondisi patah tulang dapat menimbulkan gejala berupa:
    - perubahan bentuk 
    - nyeri tekan
    - nyeri saat digerakkan
    - dapat timbul pembengkakan pada kaki atau perdarahan
    - dapat timbul luka yang terbuka

    Kondisi patah tulang paha memang merupakan kondisi yang membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama, dimana kondisi patah tulang biasanya membutuhkan waktu 4 hingga 6 bulan untuk sembuh secara sempurna. Namun pada kondisi tertentu bahkan keadaan ini dapat lebih lama, terutama pada kondisi tulang yang patah secara berkeping-keping atau patah tulang yang terbuka. Benar terkadang pada masa penyembuhan juga timbul rasa ngilu di sekitar daerah yang patah. Mengenai makanan, hal ini tentu dapat membantu mempercepat kondisi penyembuhan patah tulang yang terjadi, sebab pada keadaan ini tubuh sangat memerlukan zat-zat tertentu untuk membantu mempercepat pernyembuhan kondisi ini. Oleh sebab itu sangat dianjurkan makanan yang banyak mengandung protein, kalori, vitamin d, kalsium, dan vitamin c. Namun bila Saudara memiliki kendala lain seperti luka bekas operasi mengeluarkan nanah, semakin timbul memerah, atau timbul gejala lainnya yang bersifat baru, sebaiknya hal ini tetap dapat dikontrol kembali ke dokter yang bersangkutan.

    Berikut terdapat diskusi lainnya seputar patah tulang paha

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra