Tanya Dokter

  • patah tulang paha atas dekat pinggul

  •  Oddie
    Anggota

    assalamualaikum.. dok,ibu saya kecelakaan,hasil pemeriksaan tulang nya patah kata dokter..tulang penyambung pinggul dan paha.. apa yg harus dilakukan? berapa lama kira2 proses penyembuhan? apa bisa kembali normal seperti awal?

    Hallo oddie,   Penanganan patah tulang pada umumnya akan dipengaruhi dari seberapa parah patah tulangnya dan jenis tulang yang patah serta kondisi umum pasien. Pada patah tulang pinggul biasanya penanganan melalui metode operasi akan diperlukan. Metode operasi akan dipilih berdasarkan kondisi patah tulangnya, usia pasien, kondisi umum dan kondisi tulang pasien, kemampuan gerak dari bagian yang patah dll. Beberapa metode yang bisa dilakukan adalah :

    1. Memasang sekrup / plat khusus = dilakukan pada patah tulang intra kapsular (patah tulang paha yang ada pada soket sendi pinggul) dan paath tulang yang tidak mengalami pergeseran dari soket terlalu jauh.
    2. Transplant sebagian tulang paha = jika tulang yang patah hancur berantakan dan tidak bisa diperbaiki lagi. Biasanya dokter akan menaruh tulang buatan pada soket agar pasien bisa kembali aktif dengan mobilitas yang sama seperti sebelumnya.
    3. Transplantasi seluruh tulang pada sendi pinggul = jika kerusakan pada tulang sangat parah disertai adanya penyulit lain seperti peradangan sendi yang parah, maka dokter akan mempertimbangkan penggantian seluruh tulang pada sendi pinggul.
    Proses peyembuhan patah tulang akan dipengaruhi oleh ada tidaknya penyulit seperti diabetes , radang sendi dll. Jika tanpa komplikasi diharapkan pasien dapat segera melakukan fisioterapi agar lebih cepat bisa berjalan. Dalam waktu 2 bulan diharapkan pasien sudah dapat menopang berat tubuhnya sendiri dan melakukan jalan ringan dengan bantuan tongkat. Untuk bisa kembali normal maka tindakan operasi untuk membetulkan patah tulang dan fisioterapi harus segera dilakukan. Dengan melakukan fisioterapi sesegera mungkin diharapkan mobilitas pasien bisa lebih baik dan sama seperti sebelumnya. Baca artikel Patah tulang Pinggul.   semoga memabntu.   dr. Yusi