Tanya Dokter

  • Terdapat bagian yang keras pada payudara

  •  fasha nur m
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau tanya. kenapa ketika saya berbaring  payudara di pegang ada bagian yang keras dan lumayan lebar, tetapi tidak sakit ketika di tekan, apa itu berbahaya?

    Halo,

    Apa yang Anda maksud mungkin merupakan benjolan keras yang tidak nyeri di area payudara. Penyebab benjolan pada payudara, dapat disebabkan oleh :

    1. Tumor jinak payudara yang disebut Fibroadenoma, biasanya mengenai wanita usia muda, biasanya tanpa disertai rasa nyeri&benjolan teraba keras serta mudah digerakkan.
    2. Perubahan fibrokistik merupakan kondisi payudara yang berubah pada pre menstruasi dan menstruasi akibat meningkatnya kadar hormon tertentu. Keluhannya adalah muncul benjolan, nyeri, dan kadang muncul cairan dari puting.
    3. Kanker payudara biasanya ditandai dengan keluhan benjolan yang tidak hilang setelah masa menstruasi, benjolan keras, tidak nyeri disertai gejala puting mengeluarkan cairan disertai darah, terjadi perubahan bentuk payudara pada area tertentu, puting payudara tertarik ke dalam, perubahan kulit payudara menyerupai permukaan kulit jeruk.

     

    Sebaiknya untuk menentukan apa penyebab benjolan pada payudara, lakukan konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Bedah agar Dokter dapat melakukan pemeriksaan medis menyeluruh dan cermat. Bila diperlukan Dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG payudara, mammografi dan biopsi.

    Konsultasi via online dengan Tim AloDokter tidak dapat menggantikan pemeriksaan medis langsung dalam rangka menemukan penyebab pasti keluhan Anda.

    Penanganan yang terbaik akan didasarkan pada penyebab dan diagnosis benjolan payudara. 

    Lakukan tips berikut :

    • Gunakan bra sesuai ukuran payudara, gantilah bra dengan teratur setelah melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan keringat banyak. 
    • Aturlah Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, tidur minimal 7 jam di malam hari, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, dan mengelola stress dengan bijaksana. Pola Hidup Sehat akan membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit berat.
    • Rutin melakukan pemeriksaan payudara SADARI, beberapa hari setelah Anda selesai haid.

     

    Baca lebih lengkap dalam artikel Alodokter mengenai Benjolan Payudara dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.