Tanya Dokter

  • Ketika berbaring, terdapat bagian payudara yang teraba keras

  •  fasha nur m
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau tanya. kenapa ketika saya berbaring payudara di pegang ada bagian yang keras dan lumayan lebar, tetapi tidak sakit ketika di tekan, apa itu berbahaya?

    Halo fasha......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika yang Anda maksud dengan bagian yang keras pada payudara adalah seperti timbulnya benjolan, maka hal ini paling sering disebabkan oleh karena yang dalam bahasa medis disebut sebagai fibroadenoma.

    Fibroadenoma merupakan tumor jinak pada payudara yang umumnya memiliki ciri diantaranya adalah : tidak terasa nyeri, jika diraba terasa padat, bentuknya seperti Bulatan, konsistensinya kenyal, dan jika ditekan dapat bergeser.

    Tumor jinak ini paling sering dialami oleh wanita usia 20 tahunan sampai dengan usia 30 tahunan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh membentuk jaringan kelenjar susu yang berlebihan. Para ahli menduga Fibroadenoma dipicu oleh karena perubahan kadar hormon estrogen.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : perubahan fibrokistik / fibroadenosis === kondisi yang terjadi di mana dipicu oleh perubahan hormon selama siklus menstruasi bulanan, kista === kantong yang berisi cairan di dalam payudara, abses === kumpulan nanah di dalam payudara, lemak nekrosis traumatik, papiloma intraduktal, kanker payudara, dan lain sebagainya

    Jika Anda khawatir akan hal ini, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis bedah umum terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya USG payudara, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : 

    BENJOLAN PADA PAYUDARA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati