Tanya Dokter

  • Penyebab payudara sakit pasca menyapih anak

  •  Permata Dewi
    Anggota
    Slmt malam dok maaf saya mau tanya kenapa ya payudara saya sakit yg sblh kanan pasca menyapih anak saya 1 minggu, tapi PD nya tidak bengkak ataupun terasa seperti ada benjolan, cuma kalo tertekan sedikit saja rasanya sakit sekali dok panas perih sampe gak kuat saya nahan sakitnya apa itu hal wajar atau tanda dr penyakit serius ya? Mhon dibantu dok trims

    Halo Permata Dewi........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada payudara, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi yang Anda alami, diantaranya adalah : pembengkakan payudara akibat penyumbatan saluran air susu, infeksi jamur pada puting, Peradangan pada payudara, kondisi asam lemak yang tidak seimbang, terkait Siklus menstruasi, efek samping obat - obatan tertentu, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda, kompres hangat pada bagian payudara yang sakit, hindari mengonsumsi makanan yang berlemak, hindari minum kopi, stop merokok dan jangan minum minuman keras.

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    NYERI PAYUDARA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati