Tanya Dokter

  • Payudara sebelah kiri terasa nyeri

  •  eti apriani
    Anggota
    Halo dok, nama saya eti umur 20 !!! Dok saya mau tanya kenapa payudara di sebelah kiri saya bagian atas sakit dok ini . apa ini tanda mau menstruasi meskipun itu jarang terjadi. Tapi waktu saya mau ngambil hp saya yg berada di samping trus lengan kiri saya menekan payudara saya..apa itu tiba berbahaya dok ?

    Halo eti........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada payudara, atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai mastalgia, memang paling sering disebabkan oleh karena siklus menstruasi.

    Umumnya rasa sakit pada payudara terkait Siklus menstruasi dirasakan 3 hari sebelum menstruasi, dan akan membaik setelah menstruasi selesai, meski intensitas rasa sakit dapat beragam tiap bulannya.

    Akan tetapi selain oleh karena siklus menstruasi, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : peradangan pada payudara, benjolan pada payudara yang bersifat jinak, abses pada payudara === kumpulan nanah di dalam payudara, ukuran payudara yang besar, ketidakseimbangan asam lemak.

    Pada dasarnya rasa sakit pada payudara yang tidak perlu dikhawatirkan adalah yang menghilang dengan sendirinya selama kurang lebih satu minggu. Akan tetapi apabila sakit pada payudara masih saja terjadi selama lebih dari satu bulan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Untuk saat ini, apabila sakit masih saja dirasakan, cobalah untuk mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi teradap Tubuh Anda.

    Selain itu Anda juga disarankan untuk menggunakan bra yang sesuai, mengurangi makanan yang mengandung lemak, mengurangi asupan kafein dan berhenti merokok, serta gunakan kompas air hangat ataupun air dingin pada payudara yang terasa sakit.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MASTALGIA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati