Tanya Dokter

  • Solusi atasi nyeri payudara seperti ditusuk-tusuk saat hamil 1 bulan

  • Ass.dok saya mau bertanyk...akhir akhir bulan ini sya sering mengelu krn payudara saya sering sakit awalnya...payudara saya cuma nyeri biasa.lalu sya bawa ke klinik di kasi obat pereda...tapi katanya dokter ada penebalan di samping payuara kiri saya.lalu sya bawa lagi ke.RS krn sya lemmas sekali.sy di periksa secara manual ajah..dokter.y yg raba.payudara sya katanya ada penumpukan lemak di payudara dekat ketiak..dlam dunia medis katanya itu tumor jinak trus sy tanyk puting sya masuk kedalam katanya dokter inga apa2 selagi ibu belum menyusui...trus beberapa minggu kemudian sya hamil...telat periksa usia kandungan sya 1 bln leboh..tapi sampai sekarng knp payudara sya sakit sudah seperti tertusuk tusuk..jarum..kadang sakit sekali dan kadang jg timbul di payudara kanan sya...sya jd kahwatir kira kira ini berpengaruh ngk dok sama janin sya..ini kegamilan pertama saya. Langkah apa yang harus sya ambil dok sya tunggu sekali balsannya dok

    Hai Jusmawati,

    Nyeri pada payudara sebenarnya merupakan kondisi yang umum dialami oleh wanita. Namun bila nyeri timbul terus-menerus seperti yang Anda alami hal ini memang dapat terasa mengkhawatirkan. Pada dasarnya nyeri payudara dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:


    Nyeri payudara umumnya tidak berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Namun mengingat keluhan terus berlangsung maka sebaiknya Anda kembali menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Jika diperlukan dokter dapat menganjurkan tes penunjang seperti USG untuk menelusuri penyebab nyeri payudara yang timbul, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Kenakan bra berbahan katun dengan ukuran yang sesuai dan tidak terlalu ketat
    • Kompres dengan air hangat/dingin dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang pada payudara
    • Hindari asupan kafein dan makanan yang mengandung lemak jenuh
    • Istirahat yang cukup dan meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab nyeri pada payudara

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman