Tanya Dokter

  • Payudara sebelah kanan nyeri disertai rasa pegal

  • Halo dok, saya pawestri umur 21 tahun, sudah 2 hari saya mengalami nyeri pada payudara sebelah kanan saya, rasanya seperti kencang dan panas lalu disertai pegal pada pundak dan lengan. Payudara saya yang sebelah kanan ini memang lebih besar daripada payudara kiri saya dari sejak awal tumbuhnya. Saya sudah lakukan SADARI namun saya tidak menemukan benjolan. Dalam aktifitas kerja sehari2 saya selalu membawa ransel laptop yang berat, apakah ini berpengaruh dok? lalu seminggu kemudian juga adalah jadwal menstruasi saya. Gimana ya dok kira kira apa yang saya alami ini? 

    Pawestri Ramadhani  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Pawestri Ramadhani,

     

    Munculnya nyeri pada payudara dapat disebabkan karena beberapa kondisi diantaranya menjelang siklus menstruasi, mastitis, atau dapat disebabkan karena abses (penumpukan nanah dibawah kulit akibat infeksi) pada kelenjar payudara. 

     

    Pada dasarnya, ukuran payudara pada setiap wanita baik kanan maupun kiri tidak benar-benar simetris, hal ini disebabkan karena beberapa alasan diantaranya pendistribusian kelenjar pada payudara berbeda-beda, dominan menggunakan salah satu tangan, atau karena faktor hormonal.

     

    Umumnya perbedaan pada ukuran payudara tidak dipengaruhi dengan kebiasaan membawa ransel. Selain itu, keterlambatan pada menstruasi terjadi ketika tidak kunjung terjadi menstruasi setelah 35 hari semenjak hari pertama haid terakhir. Beberapa penyebab gangguan menstruasi diantaranya aktivitas yang terlalu berat, stress yang berlebihan, adanya kista atau PCOS pada rahim, atau dapat disebabkan karena adanya gangguan pada berat badan.

     

    Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik pada payudara atau pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan darah sehingga dapat mengetahui kemungkinan penyebab dari kelainan dan dapat dilakukan pengobatan terhadap keluhan.

     

    Selain itu, anda juga dianjurkan untuk menghindari pemicu dari stress yang berlebih, mengkonsumsi makanan bergizi serta tidak secara bebas mengkonsumsi obat penahan rasa nyeri. Anda juga dapat melakukan kompres dengan menggunakan air hangat pada lokasi payudara yang nyeri atau mengkonsumsi obat paracetamol untuk meredakan rasa nyeri. Mengenai penggunaan bra, untuk menghindari rasa nyeri sebaiknya gunakanlah bra yang tidak terlalu sempit dan memiliki ukuran yang tepat pada payudara.


    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi