Tanya Dokter

  • Payudara tak kunjung kempes setelah menyapih

  •  Dian Natalia
    Anggota
    Assalamualaikum. Dokter saya menyapih saat usia anak saya baru 1 bulan. Karena fisik saya lemah , saya harus di rawat di RS. Sepulang dari RS saya dan keluarga memutuskan untuk tidak menyusui. Saat saya berhenti menyusui kenapa payudara saya tidak kempes dibagian tengah dok. Padahal sudah 1bulan saya tidak menyusui? Mohon pencerahannya dok. Terimakasih.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Payudara yang tidak kempes pasca menyapih kemungkinan disebabkan oleh kelenjar susu yang masih aktif memproduksi air susu. Selain itu, jika teraba seperti benjolan maka kemungkinan disebabkan oleh adanya peradangan pada kelenjar susu ataupun tumor payudara. Tetapi jangan takut terlebih dahulu, tumor payudara ada yang jinak dan juga ganas. Untuk memastikan penyebab dari kondisi Anda, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter secara langsung. Dokter akan menanyakan mengenai riwayat anda dan keluarga, kemudian melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui tipe dari benjolan tersebut, dan juga pemeriksaan penunjang berupa usg, mamografi, atau biopsi jika diperlukan. Di rumah anda dapat melakukan pemantauan berkala dan langkah-langkah berikut:

    • SADARI (Periksa Payudara Sendiri) : dilakukan 7 hari setelah menstruasi berakhir, dengan meraba daerah payudara searah jarum jam dengan posisi tangan terlipat ke atas.
    • Makan makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan
    • Istirahat dan olah raga teratur
    • Segera ke dokter jika ditemukan keanehan yang tidak biasa pada payudara anda.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti