Tanya Dokter

  • Payudara tetap nyeri setelah operasi tumor jinak

  • selamat siang dok, umur saya 21th. Bulan januari akhir kmaren saya operasi payudara sebelah kanan saya tepatnya ada 2 benjolan, setelah dioperasi dan dari hasil lab RS tidak menunjukkan keganasan pada benjolan tersebut. Tapi smpai saat ini kadang rasa nyeri ttp muncul dok stlah hampir 4 bln ini ? apa kemungkinan bisa terkena angin malam atau suhu yg menimbulkan nyeri trs datang ? Untuk itu saya minta solusi dari dokter. Terimakasih sebelumnya dok :D

    Dina yang baik,

    perlu diketahui ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan mastalgia atau nyeri pada daerah dada atau sekitar payudara. Nyeri ini dapat timbul normal sebagai bagian dari siklus ataupun sebagai pertanda adanya kondisi klinis yang perlu ditangani lebih jauh. Beberapa kondisi yang menimbulkan nyeri pada payudara meliputi :

    • nyeri pasca trauma seperti terbentur, terjepit sehingga timbul memar di bawah kulit
    • nyeri pasca tindakan operasi umumnya berlangsung 1-2 minggu pasca operasi
    • nyeri siklik, merupakan nyeri yang timbul pada payudara ketika payudara menjadi lebih sensitif saat menstruasi
    • nyeri karena adanya tumor yang mendesak jaringan
    • nyeri karena ada infeksi pada luka bekas operasi, atau infeksi kulit lainnya

    Idealnya, Anda tetap harus mencoba mendeteksi sendiri adanya benjolan pada payudara, terutama sekitar daerah yang nyeri. Nyeri yang timbul dapat dikurangi dengan kompres dingin dan konsumsi penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian. Bila keluhan berlanjut jangan ragu periksakan kondisi Anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Berikut kami lampirkan artikel mengenai nyeri pada payudara. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Artikel