Tanya Dokter

  • PAYUDARA YANG KENDUR SETELAH MENYUSUI

  • Dok,stlh mnyusui pyudara saya mnjdi kndur dan kecil,trkadang swmi saya sring mngeluh dgn k adaan sya,yg mmpunyai pyudara kendur dan prut yg agak besar,apa ada cara yg bisa di lakukan untuk mnghindari nya,krna skrng anak saya sdah brusia 4thn.mhon solusi ny Dok. terimakasih

    Hai,   Untuk mengatasi perut yang sedikit besar dan payudara yang kendur dengan baik Anda bisa melakukan olahraga khusus untuk mengencangkan daerah perut dan payudara. Ukuran payudara tidak akan bertambah kecil karena menyusui, Justru dengan menyusui akan membuat ukuran payudara sedikit membesar karena pengaruh hormon dll. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi tampilan payudara yang kendur dan perut buncit dengan cara :

    1. Olahraga dan Diet seimbang
    2. Akupunktur
    3. Operasi plastik
    Diet seimbang maksudnya adalah memasukan asupan kalori sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak terjadi penurunan/ peningkatan berat badan berlebih. diet seimbang yang sehat Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga yang khusus menargetkan otot di bagian perut dan dada. manfaat olahraga Senam payudara dilakukan agar otot penyangga dada menjadi membesar dan kencang sehingga otomatis akan memperbesar dan mengencangkan payudara. 3 jenis senam payudara yang bisa Anda lakukan adalah :
    • Gerakan pertama
    Berdiri tegak dengan postur dada tegap. Pertemukan kedua telapak tangan Anda ke bagian tengah dada (seperti berdoa), kemudian saling dorong telapak tangan Anda sehingga terasa otot dada mengencang. Hitung sampai 5 hitungan kemudian rileks. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali (1 set) dan 2 set dalam sehari.
    • Gerakan Kedua
    Pegang (cengkram) siku kanan Anda dengan telapak kiri dan sebaliknya. Posisikan siku sejajar dengan bahu. Ingat posisi punggung/ dada tegap. Kemudian saling tarik kedua arah siku Anda (kedalam dan luar) tapi tidak terlepas. Lakukan gerakan ini 10 kali (1set) dan 2 set dalam sehari.
    • Gerakan Ketiga
    Kaitkan kedua jemari tangan Anda dibawah dagu. Kemudian saling tarik kedua tangan dengan jemari tetap terkait hingga terasa otot dada mengencang. lakukan gerakan ini 10 kali (1 set) dan 2 set dalam sehari. Dengan olahraga efek yang diharapkan memang tidak akan datang secepat kilat namun perlahan Anda akan merasakan manfaat yang lebih baik untuk tubuh , kesehatan dan kecantikan Anda. Sementara untuk perut yang besar jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Sit Up
    2. Crunch
    3. Planks
    lakukan olahraga dengan konsisten dan tidak menyerah. Dengan demikian hasil yang Anda harapkan bisa Anda capai.   Semoga membantu.   dr. Yusi