Tanya Dokter

  • Norestil dan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

  •  Vian Junieast
    Anggota

    Dokter,,saya vivi usia 26 thn mnikah,BB ideal,3 blan stlah mnikah priksa spog stlah usg terdiagnosa pcos dan retrofleksi... Spog mmberi obat norestil slma bbrpa нaяi sblum haid,,,apakah obat itu efektif untuk pcos dokter,, Bila ovulasi lancar apakah sel telur pcos bisa brkembang dan berpeluang bisa dibuahi dok...

    Halo,   Norestil adalah obat yang diindikasikan untuk gangguan menstruasi dan obat hormonal untuk mengatasi endometriosis, perdarahan berlebih , pengaturan jadwal haid, dll. Konsultasikan kepada dokter yang merawat Anda alasan pemberian norestil untuk kasus Anda. Jika sel telur yang keluar saat ovulasi adalah sel telur yang matang maka sel telur bisa dibuahi oleh sel sperma yang sehat. PCOS adalah Polikistik Ovarian Sindrome yang merupakan gangguan keseimbangan hormonal yang terjadi pada wanita. Gejala dari gangguan hormonal ini adalah :

    1. Gangguan menstruasi
    2. Tumbuhnya rambut berlebih akibat hormon androgen yang berlebih.
    3. Berat badan dan jaringan lemak atas tubuh meningkat.
    4. Gangguan kadar gula darah yang meninggi
    5. Kebotakan dini
    6. Wajah berminyak dan berjerawat.
    7. dll.
    Pada PCOS sel telur mengalami gangguan pematangan sehingga sel telur yang keluar berukuran kecil dan tidak bisa dibuahi, selain itu terjadi penebalan dinding rahim yang juga bisa menganggu proses kehamilan terjadi. Penanganan PCOS bisa dengan menggunakan beberapa pendekatan yakni :
    1. Olahraga teratur
    2. Diet sehat = banyak makan vit C dan E.
    3. Menjaga berat badan tubuh ideal.
    4. Pemberian obat perangsang telur
    5. Mengatasi gangguan menstruasi dengan obat hormonal yang mengandung progestin.
    6. Mengatasi infertilitas dengan pemberian obat perangsang sel telur, jika tidak berhasil maka tindakan operasi laparoskopi untuk memperbaiki ovarium atau melakukan program bayi tabung.
    7. pertumbuhan rambut berlebih diatasi dengan obat hormonal (kontrasepsi) atau anti androgen.
    Konsultasikan dengan dokter yang merawat Anda mengenai terapi terbaik pada kasus Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Vian Junieast  Vian Junieast
    Anggota

    Terimakasih dokter atas jwbannya... Boleh brtnya lgi dokter... Saya sudah periksa кέ DSpOG diberi obat lutenyl diminum slma 6 hri...obat habis smpai 10 hri tidak haid... Periksa lagi diberi obat prothyra diminum slma 7hari,,tpi baru habis 3 нaяi keluar flek2 coklat...apakah obat masih tetap diminum atau distop... Mohonn jwbnya sblum bisa konsul lgi кέ dspog..