Tanya Dokter

  • Tak kunjung mendapat haid setelah terapi PCOS

  •  hasnaaa
    Anggota

    Selamat pagi, dokter. Saya merupakan perempuan yang berumur 19 tahun. Saya mengalami amenorrhea selama 3 bulan terakhir ini, lalu saya ke dokter obsgyn. Doker obsgyn tersebut mengatakan bahwa saya mengalami PCOS dan meresepkan obat norestil serta metformi dan mengatakan bahwa dalam 3-5 hari sejak konsumsi obat akan muncul haid. Namun, setelah 5 hari dan obat saya habis, saya belum juga megalami haid, bagaimana ya dok? Terimakasih.

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, kemungkinan terjadinya peluruhan haid memang dapat terjadi setelah obat yang diresepkan habis, namun bila obat yang diresepkan habis namun belum terjadi peluruhan haid, mungkin Anda perlu menunggu 2-3 hari selanjutnya untuk memberikan kesempatan sistem hormon Anda mempersiapkan rahim untuk fase menstruasi.

    Namun, bila haid tidak kunjung datang, maka Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan Anda untuk mengevaluasi kondisi sistem horomnal kewanitaan dan yang mempengaruhi PCOS pada diri Anda. 

    Dalam masa 2-3 hari kedepan, sebaiknya Anda :

    1. istirahat yang cukup, hindari tidur larut malam

    2. hindari stres

    3. kontrol jenis makanan Anda dengan mencukupi kebutuhan vitamin sayur buah, , perbanyak makanan dengan kandungan vitamin E,air putih; protein seperti ikan, daging; hindari makanan dengan kalori tinggi seperti makanan berlemak,goorengan

    4. lakukan olah raga rutin

    5. lakukan rileksasi dari aktivitas yang melelahkan

    Dengan berkonsultasi kembali ke dokter, diharapkan dokter dapat mengevaluasi kondisi kesehatan Anda, serta pengobatan yang sudah dijalankan.

    Untuk jangka panjang, sebaiknya Anda mulai mengidealkan berat badan Anda dan menjaga kontinyuitas olah raga Anda

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga pcos.

    dr. Ulfi