Tanya Dokter

  • Penyebab anak usia 4 tahun belum lancar berbicara

  • Dok saya mau tanya perkembangnya bayi misal tinggi badan bicara belum lancar sedangkan bayinya udah usia 4thun tp msih spt bayi -1 thn pda umum nya dan priksa di lab pun ktnya jntung pun bgus, peetanyaan nya dok apa penyebab nya ya? Makasih dokter

    Hai pios,

    Terimakasih telahbertanya ke Alodokter.

     

    Sebelumnya, perlu diperjelas, apakah yang Anda maksud bayi belum lancar berbicara di usia 4 tahun? Lantas, perkembangan bicara seperti apa yang sudah ia capai hingga saat ini?

    Salah satu aspek perkembangan anak yang perlu dinilai adalah kemampuan bicara, baik aktif maupun pasif.

    Normalnya, pada usia 4 tahun, anak memiliki ketertarikan yang cukup besar dalam mendengarkan cerita dan percakapan di sekitarnya. Anak umumnya sudah mampu menyebutkan nama, usia, jenis kelamin, dan juga menggunakan kalimat-kalimat yang cukup panjang (lebih dari 4 kata) saat berbicara. Orang lain pun akan dengan mudah mengerti maksud dari pembicaraannya. Jika diminta menceritakan hal yang dialaminya, anak akan sangat bersemangat dan menceritakannya dengan gamblang.

    Namun, menentukan keterlambatan perkembangan bicara pada anak tidak cukup dilakukan hanya berdasarkan keterangan singkat seperti ini. Dokter perlu juga melakukan skrining menyeluruh dengan wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan keterlambatan bicara pada anak di antaranya yakni:

    • Gangguan pendengaran
    • Gangguan pada otak, misalnya karena retardasi mental, gangguan bahasa spesifik reseptif dan/ atau ekspresif
    • Autisme
    • Gangguan artikulasi, dan sebagainya

    Kami sarankan, Anda memeriksakan langsung anak tersebut ke dokter spesialis anak sub divisi tumbuh kembang untuk dilakukan penanganan lebih lanjut ya..

    Sebagai langkah awal, Anda bisa lebih banyak berbicara dan berkomunikasi dengan anak. Selain itu, sering membacakan cerita juga bisa membantu meningkatkan perbendaharaan kata pada anak. Tidak lupa, hindari gadget secara berlebihan pada anak.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah