Tanya Dokter

  • pegal dan lemas

  • Dok mau tanya . beberapa hari belakangan ini saya merasa lemas , pegal nyeri sendi bagian pundak dan kadang mual , tapi tidak deman panas maupun menggigil . seperti malas beraktivitas . ini kenapa ya dok ?

    Saya periksa ke dokter katanya suruh cek fungsi hati dan hepatitis Tapi setelah saya cek fungsi hati dan Hb semuanya normal dok . ataukah hasil labnya yg keliru atau bagaimana ?

    Hai, Gejala seperti lemas, pegal-pegal, dan mual banyak menyertai atau mendahului suatu penyakit, paling sering penyakit infeksi, misalnya:

    • Mendahului batuk pilek
    • Mendahului radang usus, misalnya diare karena virus
    • Mendahului radang tenggorokan
    • Menyertai infeksi saluran kemih
    • Menyertai infeksi TBC
    • Mendahului/menyertai penyakit auto-imun (yaitu sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuh kita sendiri)
    • Menyertai suatu keganasan
    Semua sel di dalam tubuh kita membutuhkan energi. Energi dihasilkan dari zat makanan (terutama gula) dan oksigen dari darah. Segala hal yang mengganggu produksi energi, juga akan menyebabkan rasa lemas. Hal yang dapat mengganggu tersebut antara lain:
    • Kencing manis
    • Obesitas / kegemukan
    • Merokok secara berlebihan, hal ini mengganggu pengikatan oksigen pada darah
    • Asupan alkohol berlebih, hal ini mengganggu keseimbangan nutrisi Anda
    • Gangguan kelenjar gondok / tiroid
    • Gangguan jantung
    • dan sebagainya
    Terlepas dari kesemuanya itu, rasa lemas juga dapat dipicu oleh pikiran kita, paling sering oleh karena depresi. Oleh karena banyaknya penyebab penyakit yang mungkin, hasil pemeriksaan fungsi hati dan Hb Anda belum tentu dapat memberikan kesimpulan untuk mendiagnosa kondisi Anda. Kami menganjurkan Anda untuk kembali berkonsultasi kepada Dokter Anda mengenai perkembangan gejala (baik ada perkembangan / maupun tidak ada perkembangan). Anda masih memerlukan pemantauan perkembangan gejala dan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan gula, pemeriksaan foto Roentgen dada bila dirasa perlu. Untuk sementara waktu, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:
    • Perbanyak asupan buah dan sayur-sayuran. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang dapat membantu metabolisme tubuh kita sehingga kita dapat merasa lebih segar dan menjaga fungsi daya tahan tubuh kita
    • Mengurangi makanan tinggi lemak, seperti junk-food, gorengan, dsb.
    • Berolahraga ringan secara rutin seperti jogging, senam, berenang
    • Cukup beristirahat, tidak memaksakan diri berlembur / bergadang
    • Kurangi paparan asap rokok
    • Kurangi konsumsi alkohol
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma