Tanya Dokter

  • Mengatasi pegal dan sakit kaki ketika berjalan

  •  Cicie
    Anggota

    Suami saya akhir akhir ini sering sekali mengendari mobil dengan jarak yang cukup jauh tiap hari dan, seminggu terakhir ketika saya berjalan terasa sangat pegal bahkan terasa cukup sakit di bagian betis hingga pinggul, dan langkah demi langkah semakin sakit.

    pengobatan yang saya lakukan dengan cara menggunakan balsem dan beberapa obat gosok untuk meringankan sakit dan pegal tapi hasil nya nihil, apakah ada kemungkinan saya mengalami sakit yang serius dan apa pengobatan atau setidaknya obat apa yang paling ampuh untuk mengatasi rasa sakit saya ini

    Cicie  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Cicie,

    Aktivitas dan beban berat pada otot dapat menimbulkan beberapa gejala salah satunya adalah nyeri otot atau dikenal dengan istilah myalgia. Nyeri otot ini dapat muncul akigat ketegangan, aktivitas berat ataupun cedera. Rasa nyeri ini dapat timbul hampir pada seluruh tubuh yang memiliki jaringan otot. Penanganan yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan cara:

    • Mengompres bagian yang sakit dengan air dingin atau es batu
    • Mengistirahatkan bagian yang nyeri
    • Istirahat dengan cukup
    • Melakukan relaksasi salah satunya dengan tidur cukup dan pijatan lembut pada bagian yang nyeri
    • Olahraga secara rutin dengan intensitas ringan dapat membantu mengembalikan ketegangan otot
    • Menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen

    Jika rasa nyeri tidak juga berkurang dan disertai gejala lain seperti pembengkakan ataupun demam segera periksakan diri pada dokter untuk dapat dilakuakn pemeriksaan. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen, tes lab darah meliputi darah lengkap dan juga kimia darah seperti asam urat, colesterol dan lainnya, ataupun juga dapat dilakukan pemeriksaan pemindaian dengan MRI.

    Baca juga artikel mengenai nyeri pinggul.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.