Tanya Dokter

  • Penyebab pegal tulang leher belakang hingga pundak

  •  Rubby
    Anggota

    Hi... Dokter saya ada beberapa keluhan soal (mungkin) ada kaitannya dengan syaraf. Saya seorang karyawan swasta berumur 26 tahun.

    Dok...sudah 1 bulan ini saya sering merasakan: - bagian belakang leher terasa pegal, bahkan kadang kalau nengok ke kanan terasa sakit bagian kiri leher. Leher juga kadang terasa tertaik. - bagian pundak terasa sangat pegal, memang saya seorang desainer grafis di event. Jadi bergadang, kopi, rokok ketika event semua dilakukan dengan membawa laptop. - daya konsentrasi, daya ingat menjadi kurang. Oia...lebih sering dehidrasi juga dok.

    Dari semua itu, apakah disebabkan dari sakit pada bagian leher belakang & pundak? Dan apakah berhubungan langsung dengan syaraf?. Penolong pertama kalau leher dan pundak terasa pegal apa dok?

    Terima kasih.

    Salam, Keluhan yang Anda rasakan kemungkinan disebabkan oleh sifat pekerjaan yang Anda lakukan dan juga tingkat stres yang mungkin Anda alami. Pekerjaan yang kita lakukan dengan aktivitas duduk berjam-jam, serta posisi duduk yang salah, kursi yang tidak mendukung tulang belakang, serta kelelahan otot menjadi faktor yang memperberat keluhan kita. Stres yang mungkin dihadapi, menjadi pemberat tersendiri bagi tubuh dan otot Anda. Beberapa hal yang dapat memicu keluhan yang Anda rasakan: 1. gangguan istirahat 2. intake cairan yang kurang 3. cemas atau gelisah 4. anemia 5. dehidrasi, akibat kopi dan tidur malam 6. kursi kerja yang tidak menyokong tulang belakang 7. tidak melakukan regangan pada otot leher atau tulang belakang diantara waktu bekerja 8. Tension head ache 9. myelopati 10. myalgia 11. gangguan metabolisme Bila keluhan ini sering mengganggu dan belum mengalami perbaikan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan danevaluasi keluhan yang Anda rasakan. Pemeriksaan penunjang mungkin dilakukan untuk medukung diagnosa, salah satunya dengan pemeriksaan darah atau rontgen. Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan. Yang perlu Anda lakukan adalah: 1. istirahat yang cukup 2. cukupi air putih 3. regangkan tubuh Anda saat bekerja setiap satu atau dua jam 4. kurangi merokok 5. hindari memutar leher/tulang belakang secara berlebih sampai berbunyi untuk mencegah cedera Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga tulang belakang. dr. Ulfi