Tanya Dokter

  • bagaimana cara mengobati tulang panggul yang retak?

  • Assalamualaikum dok. Saya seorang perempuan yang berumur 20 tahun. 3,5 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kaki kiri saya harus diamputasi, dan juga tulang panggul kiri saya juga retak. Bagaimana cara mengobati tulang panggul yang retak dan apa akibatnya akibat keretakan di tulang panggul itu?

    Salam,

     

    Pada trauma dengan keretakan tulang panggul, maka kemungkinan kondisi tersebut merupakan  fraktur yang bersifat stabil. Stabil disini maksudnya tidak mengalami pergeseran ataupun rotasi atau deformitas. Namun, meskipun stabil, kita tetap mengurangi beban pada daerah frakture serta immobilisasi untuk pemulihan. Waktu pemulihan dapat berkisar 3 bulan paska trauma.

     

    Dari hitungan waktu paska trauma, maka waktu 3,5 bulan seharusnys sudah didapatkan hasil pemulihan incomplete fractur yang mengarah perbaikan patahan tulang.

     

    Dengan demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter tulang untuk pemeriksaan dan evaluasi 3 bulan paska  trauma. Dokter akan memastikan perkembangan dan perbaikan fraktur sebelumnya. Pemeriksaan penunjang mungkina akan dilakukan untuk mendukung evaluasi incomplete fracture. Dengan demikian tindakan medis dapat direncanakan untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan yang didapatkan.  

    Yang perlu Anda lakukan adalah:

    1. meningkatkan intake gizi sehat, kalsium  dan protein

    2. hindari stres

    3. istirahat yang cukup

    4. hindari tidur larut malam

    5. konsultasi dengan dokter rehabilitasi medis mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi yang tidak diharapkan, seperti persistent pain, gangguan seksual

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga pelvic fracture.

    dr. Ulfi

    dr. Ulfi