Tanya Dokter

  • Pemakaian Lantus Pada Penderita Diabetes

  •  natheo1213
    Anggota

    Dear dokter, saya penderita DM, saat ini sy minum Metformin 850 3x sehari ditambah suntik Lantus 1x di malam hari sebelum tidur 15 unit.Hasil pemeriksaan gula puasa terakhir 170, gula sewaktu 237, jadi baru sj minggu lalu oleh dokter tempat sy konsultasi dinaikan Lantusnya mjd 18 unit..

    Yang saya mau tanyakanpertama adalah sejak awal menggunakan Lantus (mulai dg 6 unit) gula darah saya kisarannya sekitar itu, setiap kali dinaikan hasilnya tetap sama kisaran itu, tidak turun tapi jg tidak naik, apakah berarti Lantus tdk efektif utk saya ?? Mohon sarannya...

    Yang kedua bgmn perlakuannya jika suntik Lantus terlewat, kadang saya ketiduran sebelum suntik. Yg saya lakukan selama ini jika terbangun masih di sekitar jam 00-01 dini hari maka sy akan langsung suntik, tapi jika terbangun jam 3 ke atas sy lewatkan suntiknya, apakah betul spt itu ?? Apa efek jangka pendek maupun jangka panjang karena kelewatan suntik spt ini??

    Terima kasih banyak sebelumnya, dokter...

    Hai natheo1213. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Lantus (R) merupakan insulin jenis long acting analog (kerja panjang) karena lama kerja relatif insulin jenis ini sekitar 24 jam. Dianjurkan diberikan 1 kali sehari dalam waktu yang sama, baik malam ataupun pagi hari, yang ditujukan untuk mengontrol kadar gula basal. Target pengobatan terbaik yang harus dimonitor dalam memakai terapi insulin adalah pemeriksaan darah HbA1C yang harus diperiksa setiap 3 bulan (target terbaik adalah HbA1C dibawah 7%).

    Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa Ibu Anda! Kadar gula darah tidak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan, tetapi banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain :

    • stres psikis dan fisik 
    • tingkat aktivitas
    • kepatuhan dalam pengobatan
    • dll

    jika memang anda kadar gula anda tidak berubah atau tetap tinggi maka selalu konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam yang menangani anda dokter akan mempertimbangkan terapi yang tepat untuk anda, termasuk pemeriksaan.

    Sebagai tambahan anda dapat membaca artikel mengenai Diabetes

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian