Tanya Dokter

  • Pengaruh pemakaian suplemen fitness untuk jangka panjang

  •  Demy Aiiu
    Anggota
    Dok bagaimana pegunaan suplemen fitnes seperti asam amino, bcaa dan lainnya apa berbahaya untuk tubuh untuk jangka panjang?

    Hai, Terdapat banyak suplemen fitnes yang beredar dengan fungsinya yang bermacam-macam. Ada yang ditujukan untuk "menguruskan", ada juga yang ditujukan untuk membentuk massa otot. Pengurus badan demikian biasanya memiliki efek mempercepat metabolisme (DNP) dan hal ini dapat membahayakan tubuh. Efek sampingnya berupa gelisah, warna kulit menguning, sakit kepala, kehausan, mual, berdebar dan bernapas cepat. Obat pengurus badan ini cukup lazim di kalangan mereka yang hobi membentuk badan, karena tertarik dengan iklan "menguruskan" badan secara cepat. Sayangnya, obat ini berbahaya dan sebaiknya dihindari. Sedangkan suplemen yang ditujukan untuk membangun massa otot biasanya mengandung protein dan asam amino. Mengonsumsi suplemen saja tanpa dibarengi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dapat menyebabkan Anda kekurangan zat gizi yang tidak terkandung dalam suplemen fitness (yi. berbagai vitamin dan mineral). Pemakaian suplemen protein jangka panjang dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan memperburuk fungsi ginjal (apabila sudah ada masalah ginjal sebelumnya). Konsultasikanlah ke Dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini. Asupan protein harian sebaiknya tidak melebihi 2 kali angka kecukupan gizi (AKG), yaitu sekitar 55 g untuk pria dan 45 g untuk wanita. Sebetulnya, Anda juga dapat menambahkan asupan protein Anda dengan banyak mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging, susu, telur, tahu dan kacang-kacangan. Suplemen fitnes hanya memberikan Anda kemudahan (mudah dibawa kemana-mana, teknik menyediakannya sederhana, dll.), namun tidak memberikan Anda berbagai vitamin dan mineral yang terkandung pada berbagai jenis makanan sehari-hari. Tips berikut mungkin membantu:

    • Membentuk massa otot memerlukan latihan penuh disiplin dan pengaturan gizi yang baik hingga beberapa tahun; Anda sebaiknya mewaspadai suplemen fitnes yang menjanjikan hasil cepat -- suplemen demikian berpotensi mengandung steroid, hormon atau stimulan lainnya yang dapat berbahaya bagi tubuh
    • Minum sekurangnya 2 liter air per hari
    • Hindari menahan BAK
    Baca juga tips membentuk tubuh atletis Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma