Tanya Dokter

  • Pembekakan di atas telapak kaki kiri

  •  hendry
    Anggota

    Selamat malam Dok,

    Anak saya umur 1,5 tahun waktu lahir pada tulang kaki kirinya lebih besar dari yg kanan sehingga kakinya besar sebelah, setelah bisa berjalan ada diatas telapak kakinya sebelah kiri ada pembekakan ditekan lembek dan tidak sakit ada bintik2 kayak gatel gitu Dok.

    setelah saya ke dokter spesialis anak cek keseluruhan tulang kaki, tulang tangan, dada dan darahnya hasil dari lab dan Xray semuaya normal. dan saya baca hasil tesnys kelenjer getah beningnya tidak ada pembesaran.

    Dan besok tgl 25 mai anak saya disuruh puasa danmau di bius tidur untuk cek selanjutnya.

    Pertanyaan saya apakah harus dioperasi kalau semuanya normal dsn kalaupun dioperasi efeknya sampingmya apa  Dok ?

    Terima kasih infonya dok dan selamat malam.

    Halo,   Penentuan operasi akan ditentukan dari hasil pemeriksaan yang sudah dan akan Anda lakukan. Jika semua hasil normal dan tidak terdapat indikasi untuk dilakukan tindakan operasi maka operasi tidak perlu dilakukan. Namun jika benjolan yang ada pada kaki anak Anda menganggu cara berjalannya maka sebaiknya benjolan tersebut diatasi dengan metode pengangkatan benjolan melalui operasi. Benjolan yang seharusnya tidak ada pada tubuh kita bisa menjadi satu indikasi adanya sebuah kelainan medis yang memerlukan penanganan secara spesifik. Karena info mengenai diagnosis benjolan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung maka sedikit sulit untuk team kami menentukan apa penyebab benjolan pada kaki anak Anda. Beberapa kemungkinan yang bisa saja menjadi penyebab antara lain adalah :

    1. Gangguan pertumbuhan / posisi bayi saat di kandungan.
    2. Tumor.
    3. Kista.
    4. Lipoma.
    5. Hemangioma.
    6. Ganglion.
    7. Dll.
    Pemeriksaan yang Anda lakukan sekarang akan menentukan apakah jenis penyebab benjolan tersebut dan menentukan terapi terbaik yang bisa dilakukan. Semua operasi akan memiliki efek yang kurang lebih sama yaitu :
    1. Kemungkinan terjadinya infeksi.
    2. Perdarahan.
    3. Nyeri paska operasi.
    Pada anak anak perawatan luka harus lebih diperhatikan dan juga diusahakan anak tetap beraktivitas seperti biasa paska operasi agar otot dan sendi kaki tidak menjadi kaku. Baca artikel Tumor. Semoga membantu.   Dr. Yusi