Tanya Dokter

  • pembekakan di leher kanan dan ketiak kanan

  •  Virgon Nino
    Anggota
    permisi dok, saya ada pembekakan dileher bagian kanan skitar 4 bulanan ini, udah 2 kali cek kedokter dan katanya cuman pmbekakan akibat infeksi dan cumn dikasih antibiotik saja. tapi dok tidak ada prubhan pd pmbkaannya ukuranny ttp sprti smula pdhal cek trakhir itu sktar 1 bln yg lalu. dan dsuruh cek lagi 6 bln kmudian , tapi dok akhir2 sya mrsa ketiak bagian knan ada bnjolan kecil dan kalo dpegang trasa lumayan sakit. kira2 dok ini efek dari benjolan yg dleher atau gimana soalny takutnya ini kanker kelenjar gtah bening. terima kasih...

    Hai,

    Pembengkakan di leher dan ketiak tersebut bisa saja merupakan pembengkakan kelenjar getah bening, yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, maupun keganasan. 

    Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah pembengkakan di leher tersebut berhubungan dengan pembengkakan yang terjadi di ketiak.

    Berikut ini beberapa hal lain yang dapat menyebabkan benjolan di ketiak:

    - radang pada folikel rambut

    - alergi/ iritasi, misalnya terhadap alat cukur atau deodoran

    - infeksi bakteri pada kulit (abses) 

     

    Usahakan untuk tetap memiliki pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi, cukup minum air putih, dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Tidak merokok. Hindari stres. Hindari penggunaan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi/ iritasi. Sebaiknya tidak sering memencet benjolan yang nyeri tersebut agar tidak menambah risiko infeksi lebih lanjut.

    Disarankan agar Anda memeriksakan benjolan tersebut ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan, termasuk tes penunjang yang diperlukan seperti tes darah, USG, atau biopsi. Langkah penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab medis yang mendasari.

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica