Tanya Dokter

  • Pembengkakan di leher, dan jerawat di bagian kemaluan

  •  Sri Yulia
    Anggota

    Haloo dokter umur saya skarang 18th. Dokter saya ada pembengkakan di leher. Trus saya periksa ke dokter umun ktanya itu pembengkakan kelenjar gtah bening karna ada gigi saya yg bolong. Klau benjolan itu di sentuh terasa sakit. Badan saya kadang terasa panas dan kepala saya terasa pusing berdenyut. Tiga hari setelah itu di kemaluan saya ada kaya semacam jerawat atau apalah itu. Apakah itu efek dari getah bening?? Dan bagaimana saya mengatasinya dokter?? Mohon di jawabb^^

    Sri Yulia  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Sri, Pada dasarnya kelenjar getah bening (KGB) normal didapatkan pada tubuh dan berfungsi sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh sehingga jika ada masalah seperti infeksi, maka ia dapat memberikan respon berupa pembesaran KGB. Mereka ada yang terletak dalam, dan ada yang terletak dekat permukaan, yang dekat dengan permukaan terkonsentrasi pada area leher, ketiak, dan lipat paha. Sehingga jika ada  pembesaran pada KGB tersebut akan mudah teraba. Pembengkakan kelenjar getah bening dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain :

    • Infeksi, dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Jika penyebabnya bakteri, dapat bersifat non-spesifik atau bersifat spesifik (TBC)
      • Infeksi langsung pada KGB tersebut
      • Infeksi pada jaringan sekitarnya, misal pembesaran KGB leher, daapat disebabkan oleh infeksi pada hidung, tenggorokan, telinga, sinus, kelenjar ludah, ataupun masalah pada gigi dan gusi (seperi infeksi gigi dan gusi, karies/gigi bolong, dsb)
    • Penyakit autoimun, misalnya lupus
    • Keganasan
      • Dapat berasal dari jaringan KGB tersebut (limfoma)
      • Dapat berasal dari penyebaran keganasan di area lain (misalnya kanker tenggorokan)
    Pembesaran KGB yang disertai nyeri, kemerahan, hangat pada perabaan menunjukkan adanya proses peradangan, sehingga disebut limfadenitis. Umumnya disebabkan oleh infeksi baik langsung pada kelenjar tersebut, ataupun sebagai akibat infeksi jaringan sekitarnya termasuk masalah gigi dan gusi. Nyeri kepala umum terjadi pada kasus-kasus semacam ini. Demam juga dapat merupakan bagian dari infeksi tersebut. Sebaiknya anda mengunjungi dokter, penanganan adalah dengan menangani penyebab mendasarnya. Jika yang mendasarinya adalah infeksi gigi dan gusi, maka infeksi tersebut harus diobati, misalnya dengan memberikan antibiotik yang adekuat disertai antinyeri dan demam seperti parasetamol atau ibuprofen, Jika infeksinya reda, maka pembesaran tersebut akan kempes dengan sendirinya. pembengkakan kelenjar getah bening demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    Sri Yulia  Sri Yulia
    Anggota

    Lalu dok bagaimana dengan yang ada di kemaluan saya. Apakah saya terkena penyakit sipilis. Tapi dok bkanya itu penyakit menular hubungan seksual. Sedangkan saya blm menikah dan saya juga tidak pernah melakukannya dok.