Tanya Dokter

  • pembengkakan kelenjar getah bening

  • Dok, anak saya umur 6 tahun tempo hari panas dan muncul benjolan di belakang telinga kanan-kiri serta leher kanan-kiri dan selangkangan. lalu anak saya itu saya bawa ke dokter dan kata dokter anak saya mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Yang mau saya tanyakan apakah pembengkakan KGB pasti mengarah kanker? Lalu dok, ini menurut dokter anak saya, saya diminta melakukan tes laboratorium mengetahui ganas atau tidaknya jaringan tersebut. nah apakah saya harus segera melakukan tes sekarang? atau bisa dipending dulu? mengingat benjolannya lunak dan sebesar kacang polong, tetapi ditiap-tiap tempat terdapat lebih dari 2 benjolan ini sudah mulai tidak terlihat tapi masih terraba. Terima kasih dok atas jawabannya.

    Hai theresia Suatu pembesaran kelenjar getah bening belum tentu selalu akibat kanker. Kanker atau tidaknya hanya bisa dipastikan dengan pemeriksaan biopsi, dimana dilakukan operasi pengambilan sebagian kelenjar getah bening lalu dilihat dibawah mikroskop ada sel apa yang menyebabkan pembesaran tersebut. Penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening antara lain:

    • Infeksi: infeksi apapun seperti virus, bakteri, parasit dan jamur dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.
    • Kanker: baik di kelenjar getah bening atau di tempat lain
    • Autoimun
    • Obat-obatan
    • dan sebab lain yang tidak diketahui.
    Terkadang pembesaran kelenjar getah bening dapat mengecil dan hilang sendiri setelah beberapa minggu-bulan, sehingga hanya diperlukan observasi. Namun jika kelenjar getah bening tetap membesar, mengeras, nyeri dan bahkan bertambah banyak dalam waktu singkat memang sebaiknya dilakukan biopsi. Mengenai pembesaran kelenjar getah bening anda dapat baca di Pembesaran kelenjar getah bening Semoga membantu ya, sehat selalu. Terima kasih. dr.Yan william