Tanya Dokter

  • pembengkakan kelenjar getah bening

  • Pagi dok. Saya wanita usia 23 tahun. Ada sebuah benjolan yg saya pikir merupakan kelenjar getah bening di area perut kanan saya yg timbul sekitar 2 tahun yg lalu (diameter sekitar 0,5 cm) namun tdk pernah mengganggu. Tapi, bbrp hr yg lalu menjadi lebih besar (diameter 1 cm) sangat sakit saat beraktifitas karena saya kelelahan. Setelah berobat, saya diberi antibiotik, obat anti inflamasi dan ibuprofen. Sakitnya hilang, namun pengecilan benjolan tersebut tidak tampak signifikan. Apakah penanganan yg tepat terhadap benjolan tsb? Terima kasih.

    Halo,   Benjolan perut Anda menonjol atau hanya teraba jika Anda memegang perut Anda saja? Pemeriksaan benjolan perlu dilakukan secara langsung agar bisa diketahui apa jenis benjolan tersebut. Benjolan yang Anda maksud bisa saja berupa :

    1. Kista ateroma
    2. abses
    3. tumor jinak kulit.
    4. pembesaran KGB = biasa baru teraba jika dipegang, tidak tampak hanya dnegan penglihatan mata saja kecuali ukuran sangat besar.
    5. bisul
    6. Acne
    7. dll.
    Apa hasil pemeriksaan fisik dokter yang Anda kunjungi sebelumnya? Jika ternyata dengan pengobatan dokter sebelumnya benjolan tidak berkurang maka sebaiknya Anda melakukan kontrol ke dokter Anda dan menanyakan apa jenis benjolan tersebut dan penanganan terbaik apa yang bisa dilakukan. Dengan pemeriksaan fisik oleh dokter maka penyebab benjolan bisa diketahui dan tentunya diobati sesuai dengan kondisi penyebab dari keluhan Anda. Secara umum penanganan benjolan adalah dengan melakukan pengangkatan benjolan tersebut melalui metode operasi, kecuali benjolan mereda dengan pengobatan yang  Anda lakukan. Hindari memegang bagian benjolan Anda dan memainkannya yang bisa membuat benjolan meradang dan terinfeksi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    terima kasih atas balasannya dokter Yusi. karena saya mrmiliki keanggotaan bpjs kesehatan, saya dirujuk kembali oleh faskes 1 saya ke poli bedah rs terdekat dengan diagnosa "cystic fibrosis with intestinal manifestation" benjolan tersebut terlihat dan sakit ketika dipegang. beberapa hari ini bagian di sekitarny pun menjadi biru2 seperti memar dan menimbulkan rasa sakit ketika berjalan.