Tanya Dokter

  • Pembengkakan kelenjar getah bening tidak mengecil

  •  Hmd29
    Anggota

    Siang dok, saya laki-laki 22 thn.

    Sudah 3 minggu ini di paha saya ada semacam benjolan gt dok. 2 minggu yg lalu saya periksa & kata dokter ada semacam pembengkakan KGB, mgkn krn infeksi di area sekitar (sy lupa dokternya bilang tepatnya dimana).  Stlh dikasih obat sama dokter (2 minggu yg lalu) demamnya sudah reda dok & kaki saya sudah gak sakit lagi kl buat berdiri/berjalan (sblmnya kalau buat jalan sakit). Tp obatnya sdh habis & benjolannya msh blm mengecil & sy periksa lagi, sama dokternya mau dirujuk (kl gak salah) ke dokter bedah. Tapi saya minta saran lain & dikasih obat sama dokternya. Sejauh ini saya kompres dok yang benjolannya, & sama dokter tempat saya periksa suruh nglanjutin saja kompres pake air hangatnya. Sekarang obatnya sdh habis lagi tapi benjolannya masih ada cuma tidak begitu sakit kalau dipencet.

    Pertanyaan saya dok,

    1. Bahaya gak dok kalau benjolan di paha saya ini saya biarkan saja (maksudnya tidak saya periksakan lg ke dokter & cuma saya kompres saja) mengingat sudah tidak sakit lagi?

    2. Kl misal saya periksa ke dokter bedah, apa mesti dibedah ya dok yg benjolan saya ini?

    Trimakasih dok sebelumnya...

    Halo, Kelenjar getah bening merupakan organ yang terdiri dari banyak sel darah putih. Seperti halnya sifat sel darah putih, maka KGB sangat berperan terhadap pertahanan tubuh terhadap infeksi. Lokasi KGB adalah di leher, bawah dagu, ketiak, dan lipatan paha. Adanya pembengkakan pada KGB pada umumnya menandakan adanya infeksi lokal atau infeksi di sekitar kelenjar. Pembengkakan KGB biasanya akan hilang dengan sendirinya bila fokus infeksi sudah sembuh. Penyebab tersering dari pembesaran KGB adalah infeksi virus atau bakteri. Sedangkan pembengkakan KGB juga dapat disebabkan oleh hal lain namun jarang seperti penyakit autoimun atau kanker. Pembengkakan KGB pada lipatan paha dapat disebabkan oleh :

    • Infeksi di alat kelamin
    • Infeksi di testis
    • Trauma di kaki
    • Limfoma
    • Melanoma
    Ada baiknya Anda kembali menemui dokter untuk mengetahui apakah fokus infeksi yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada KGB Anda sudah tertangani dengan baik atau untuk mencari apakah pembengkakan KGB yang Anda alami disebabkan oleh hal yang lain. Bila Anda dirujuk ke dokter spesialis bedah, kemungkinan besar dokter Anda ingin agar penyebab pembengkakan KGB Anda diketahui secara pasti. Dokter spesialis bedah tidak serta merta melakukan prosedur operasi. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui penyebab keluhan Anda seperti pemeriksaan darah, CT Scan, atau biopsi jaringan bila dibutuhkan. Artikel tentang pembengkakan KGB Semoga membantu, dr. Tri