Tanya Dokter

  • Pembengkakan pada kaki dan nyeri pada persendian

  •  SISWANTORO AS
    Anggota

    Assalamu'alaikum....

    Halo dok, saya mau tanya.

    Saya Siswantoro umur 24 tahun.

    Sebulan belakangan ini, kalau saya duduk di kursi terlalu lama kaki terasa bengkak, mudah capek, persendian terasa ngilu.

    Ketika saya cek gula, normal dibawah 100.

    Nafsu makan saya juga seperti biasanya.

    Ketika saya konsultasi ke dokter umum, katanya saya terlalu banyak minum air putih, sehingga terjadi pembengkakan pada kaki.

    Tapi saya mencoba mengurangi minum air putih hingga 1 liter, tapi ketika duduk lama tetap terasa bengkak.

    Apakah ini karena dipengaruhi oleh berat badan saya dok apa ada penyebab lain..?

    Karna dulu berat saya sekitar 50-55kg.

    Tapi sekarang lebih dari 70 kg.

    Mohon penjelasannya dok....

    Terimakasih

    Hai,

    Pembengkakan pada kaki yang dimaksud mungkin disebabkan oleh edema. Edema berarti pembengkakan jaringan karena timbunan cairan. Timbunan cairan ini bisa terjadi karena peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah, berkurangnya tekanan balik pembuluh darah, gangguan pada keutuhan pembuluh darah atau akibat gangguan pada aliran getah bening (limfatik).

    Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah misalnya karena gagal jantung dan penyakit pengerasan hati (sirosis hati). Berkurangnya tekanan balik pembuluh darah utamanya berkaitan dengan berkurangnya kadar protein albumin dalam darah, biasanya karena gangguan ginjal atau penyakit hati. Gangguan keutuhan pembuluh darah biasanya terjadi pada usia lanjut, atau kebiasaan berdiri lama (insufisiensi vena). Penyakit aliran getah bening yang lazim misalnya penyakit kaki gajah.

    Peningkatan berat badan yang mendadak belum tentu selalu berkaitan dengan pertambahan jumlah lemak (yi. karena ketidakseimbangan antara asupan makanan dan pengeluaran energi melalui olahraga) -- bisa saja ini karena timbunan cairan (edema) dengan penyebab-penyebab yang telah disebutkan di atas. 

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, air seni dan USG untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya membatasi asupan garam dalam makanan sehari-hari, misalnya menghindari mie instan, bumbu penyedap, makanan kaleng dan saos makanan.

    Baca juga artikel tentang kaki bengkak.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma