Tanya Dokter

  • Pembengkakan pada seluruh tubuh secara tiba - tiba

  •  anita97
    Anggota

    Halo dokter...Mama saya ada keluhan bahwa seluruh badan dan bibir mama saya tiba - tiba bengkak, bahkan bibir bisa sampai sangat bengkak. Setelah itu memang hilang lagi bengkaknya. Akan tetapi, 1-2 hari berikutnya bengkak lagi dok. Kira - kira penyebab bisa ada sakit seperti itu apa ya dok ? Apakah cuci darah memang diperlukan atau bisa ada penanganan awal yang bisa dicoba dulu ya dok sebelum cuci darah ?

    anita97  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Anita,

    Pembengkakan pada seluruh tubuh memang seringkali disebabkan oleh adanya gangguan fungsi ginjal (gagal ginjal) karena ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring darah dan membuang kelebihan cairan serta zat limbah didalam tubuh.

    Selain gangguan ginjal, pembengkakan tubuh juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi ataupun gagal jantung (heart failure/congestive heart failure). Pada gangguan jantung pembengkakan yang terjadi disebabkan oleh gangguan pompa jantung sehingga menyebabkan penumpukan cairan yang ditandai dengan pembengkakan pada tubuh.

    Sebaiknya ibu Anda memeriksakan dirinya kedokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebab bengkak pada tubuhnya dan mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. Adapun hal yang akan dilakukan oleh dokter adalah menanyakan riwayat penyakit, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan fungsi ginjal, fungsi jantung, rekam jantung, dsb. Lakukanlah pemeriksaan-pemeriksaan tersebut bila memang dianjurkan oleh dokter Anda. 

    Penanganan yang diberikan dokter akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Bila memang keluhan tersebut disebabkan oleh hilangnya fungsi ginjal maka dokter dapat menganjurkan prosedur hemodialisa (cuci darah) untuk mengatasi keluhan ibu Anda. Namun bila pembengkakan tersebut terjadi akibat gangguan pada jantung maka dokter akan meresepkan obat-obatan untuk membantu meningkatkan kinerja jantung dan obat untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Gagal ginjal kronis

    Gagal jantung

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono