Tanya Dokter

  • pemberian ambroxol

  • Dok anak saya udh 3 hari batuk kering disertai flu,batuknya sering apalagi setelah bangun tidur dan msuk makanan,batuknya ada seseknya jg kayanya asma yg turun dr saya,kta dokter yg terapi anak sy kalo sesek dikasih obt salbutamol ekspektoran aja,tp udh sya coba batuknya malah makin sering,kalo dikasih ambroxol syrup boleh ga dok?

    Hai,   Pemberian ambroxol biasa diindikasikan untuk batuk berdahak bukan batuk kering. Ambroxol merupakan mukolitik (pengencer lendir dahak) yang bagus untuk batuk berdahak. Jadi pemberian ambroxol untuk batuk anak ibu yang kering kurang sesuai. Batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam saluran pernafasan. Untuk menghentikan atau mengurangi batuk sebelumnya Anda perlu mengenali apa penyebab batuk. Penyebab batuk yang sering pada Anak adalah :

    1. Infeksi virus = flu, pilek
    2. Infeksi saluran nafas bawah
    3. Alergi
    4. Tersedak makanan
    5. Infeksi TB
    6. Asma
    7. dll
    Dengan mengenali penyebab, maka penanganan akan diberikan secara tepat sasaran dan otomatis akan mengurangi batuk. Asma pada anak juga bisa memberikan gejala batuk karena pada Asma terjadi reaksi peradangan yang menyebabkan saluran nafas mengecil dan produksi lendir bertambah yang akhirnya merangsang batuk dan menimbulkan gejala sesak. Tanyakan dengan mendetil kondisi anak Anda kepada dokter yang merawat anak Anda, karena dokter anak Andalah yang mengetahui dengan pasti kondisi anak Anda. Untuk membantu mengurangi batuk kering, Anda bisa mencoba beberapa langkah dibawah ini:
    1. Berikan air hangat dan makanan yang banyak mengandung air seperti sop kaldu
    2. Berikan obat dokter sesuai anjuran
    3. Air jahe dianggap bisa membantu mengurangi batuk
    4. Jauhkan anak dari asap dan rokok
    5. gunakan masker jika anak keluar rumah
    Semoga membantu.   dr. Yusi