Tanya Dokter

  • pemberian Asi pada bayi

  •  Rya Chomariah
    Anggota

    Selamat malam dok, dok pada ibu hamil yang menderita kutil kelamin setelah melahirkan anaknya secara Sc dan memberikan ASI kpd si bayi, adakah kemungkinan bayi trsebut dpt tertular oleh virus trsebut?? Terima kasih..

    Halo,   Tidak. Penularan kutil kelamin terjadi dengan kontak langsung antara kulit dengan kulit orang yang terinfeksi, mainan / benda yang terinfeksi. Jika Anda menderita kutil kelamin ( kutil terdapat di area kelamin) yang belum diobati maka penularan bisa terjadi kepada bayi Anda jika Anda melalui persalinan normal. Karena Anda melahirkan dengan metode caesar maka tidak terjadi kontak antara kulit bayi Anda dengan kutil di kelamin Anda sehingga sangat kecil kemungkinan bayi Anda tertular saat persalinan. Dan HPV , virus penyebab kutil kelamin, tidak ditularkan melalui ASI, sehingga bayi Anda tidak terinfeksi melalui ASI. Namun jika Anda menyentuh kutil Anda lalu tidak mencuci tangan dan langsung menyentuh bayi Anda maka bayi Anda bisa tertular. Virus HPV sangat mudah menular sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk benar menjaga kebersihan seluruh rumah secara baik. Maka dari itu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. obati segera kutil kelamin Anda.
    2. hindari berhubungan seks saat kutil sedang kambuh.
    3. cuci tangan dengan cairan antiseptik setiap mau menyentuh bayi Anda dan setiap Anda menyentuh kulit yang berkutil.
    4. Bersihkan payudara dengan handuk hangat setiap mau menyusui.
    5. jangan berbagi barang pribadi seperti handuk, sikat gigi dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Rya Chomariah  Rya Chomariah
    Anggota

    Dok, mau tnya lagi sekitar 3-4 bulan yg lalu kutil kelamin sdh di operasi, apakah kemungkinan kutil kelamin dpt timbul kmbali?? Trus apabila kutil kelamin yh stelah di operasi trsebut di ksih olbotyl mungkinkah dpt mengobati atau malah membahayakan? Kemungkinan kutil kelamin trsbut bisa mengarah ke Hiv apa tdk? Terima kasih.

    Halo,   Gejala kutil kelamin bisa kambuh kembali karena virus penyebab kutil masih berada dalam tubuh dan tidak bisa dihilangkan. Virus HPV penyebab kutil kelamin ini akan dorman dalam tubuh dan bisa menimbulkan keluhan kutil kelamin kapan saja saat kondisi Anda sedang buruk ( daya tahan tubuh lemah). Albothyl bukanlah obat untuk menghilangkan kutil kelamin. Memang albotil bersifat iritatif sehingga akan memberikan kesan membakar kutil, namun tindakan ini tidak bisa menghilangkan kutil dan justru bisa membuat kondisi kutil terinfeksi atau luka. Hindari melakukan pengobatan sendiri tanpa anjuran dokter. Virus penyebab kutil kelamin dan virus penyebab HIV adalah 2 jenis virus berbeda, belum tentu Anda positif kutil kelamin maka Anda berarti positif HIV, namun dengan terjadinya infeksi menular seksual seperti kutil kelamin ini maka resiko Anda untuk terinfeksi HIV juga menjadi lebih tinggi, apalagi jika disertai dengan gaya hidup seks bebas. Semoga membantu.   dr. Yusi.