Tanya Dokter

  • Bolehkah pemberian susu formula untuk bayi usia 2 bulan ?

  •  Desi devina
    Anggota

    Sore dok,saya mau tanya 

    saya mempunyai bayi usia bayi saya baru 2 bulan tapi asi saya tidak lancar bahkan cenderung tidak keluar 

    apakah saya boleh memberikan anak saya Susu formula,karna Asi saya sudah sangat sedikit dan tidak dapat memenuhi kebutuhan Asi untuk anak saya

    Halo Desi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu kami ingatkan kepada Anda bahwa satu-satunya asupan terbaik untuk bayi kurang dari enam bulan adalah ASI. Sekedar informasi, Asia telah diciptakan sedemikian rupa untuk memenuhi semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi.

    Oleh karena itu, jika ASI masih dapat diproduksi oleh ibu, sebaiknya tetaplah memberikan ASI. Sebelum memutuskan untuk memberikan susu formula, sebaiknya Anda mengikuti tips berikut ini agar ASI Anda menjadi lebih banyak dan cukup untuk bayi, yaitu :

    • Berikanlah ASI terus - menerus. Pada prinsipnya, makin sering diberikan, produksi ASI akan makin bertambah. Hal ini terjadi karena pada saat Anda terus memberi ASI, hormon prolaktin terus bekerja merangsang produksi ASI.
    • Tidur dan istirahatlah yang cukup.
    • Hindari cemas dan kelola stres psikologis.
    • Makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu.
    • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.

     

    Selain melakukan cara - cara yang telah disebutkan diatas, mengonsumsi beragam makanan juga penting dilakukan untuk memperbanyak ASI. Makanan yang bervariasi dapat membuat rasa ASI berbeda - beda, sehingga bayi akan menyukai aktivitas menyusui.

    Anda sebaiknya mempunyai catatan makanan yang Anda konsumsi dan perilaku bayi Anda setelah menyusu. Bila bayi Anda rewel, cobalah untuk menghapus makanan tertentu dari daftar Anda. Bila tidak berpengaruh, Anda dapat mengembalikan makanan tersebut ke dalam daftar, dan mempertimbangkan penyebab lain.

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas ASI juga masih sedikit, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis anak, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat diberikan serangkaian tips dan saran lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MEMPERBANYAK ASI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati