Tanya Dokter

  • Pemberian susu formula untuk bayi

  •  Ria JR
    Anggota
    Selamat pagi dok, mau tanya nihh dok, untuk penyajian susu formula untuk bayi itu pakai air galon aqua apa boleh atau air itu harus di rebus dahulu ?? Dan kenapa bayi saya sering gumoh/muntah apa dia terlalu banyak minum ?

    Salam,

    Penggunaan air minum bermerk dapat dipakai untuk penyediaan susu formula untuk bayi Anda. Yang diperlukan adalah menakar suhu yang optimal dan nyaman saat penyediaan sufor untuk bayi Anda. Dengan demikian, penggunaan dispenser selama dispenser bersih dan dispenser mendapatkan perawatan yang baik, maka dapat menggunakan air dispenser tersebut.

    Namun yang perlu diperhatikan adalah:

    1. kebersihan dan perawatan dispenser, bila tidak dirawat rutin, maka gunakanlah air ber merk, dimasak sampai mendidih, tunggu suhu air menurun sampai 70 derajat  selsius, lalu campurkan dengan air suhu biasa sesuai takarannya, kemudian tambahkan susu bubuk sesuai takarannya.

    2. bila dispenser bersih dan terawat, maka Anda mencampur air dispenser dengan air biasa sesuai takarannya, kemudian campurkan susu formual

    3. kebersihan botol susu dan kelengkapannya

    Sedangkan adanya keluhan gumoh kemungkinan dapat disebabkan oleh 
    1. bayi terlalu keyang

    2. sedang menderita flu atau batuk

    3. perubahan posisi setelah bayi minum sufor

    4. gangguan pencernaan

    Bila keluhan ini menetap, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang dirasakan. Dengan demikian dokter dapat memastikan penyebab keluhan ini, dan selanjutnya dapat memberikan perawatan yang diperlukan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi