Tanya Dokter

  • Proses pemberian verorab

  •  AFIFAHRO2908
    Anggota

    Malam dokter, hari ini anak saya dapat suntikan vaksin verorab 1 vial d paha kanan. Padahal kalo saya baca harusnya dia dapat suntikan d kanan dan kiri, dokter yg menyuntikannya sepertinya tidak tau tata laksana pemberian vaksin ini. Vaksin yg hanya di suntikan d 1 bag saja apakah bermanfaat. Apa yg harus saya lakukan ?

    Hai Afifah, Verorab merupakan vaksinasi yang diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab penyakit rabies. Pemberian vaksin rabies bermacam-macam sesuai dengan keadaan yang sedang anda alami.

    • Vaksin profilaksis sebelum adanya kontak diberikan 3 kali yaitu satu suntikan setiap kali suntik pada hari 0,7 dan 28
    • Vaksin yang diberikan sesudah adanya kontak dengan riwayat belum pernah vaksin diberikan dua kali suntikan pertama kali dan satu suntikan berikutnya yaitu pada hari 0,7 dan 21. Disertai dengan injeksi imunoglobulin selama 7 hari setelah terjadinya kontak.
    • Vaksin yang diberikan sesudah adanya kontak dengan riwayat sudah pernah vaksin diberikan dua kali dengan satu suntikan setiap kali melakukan vaksin yaitu pada hari ke 0 dan 3.
    Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu suntikan apa yang anda dapatkan sehingga anda dapat mengetahui apakah vaksin yang diberikan tepat atau tidak. Anda dapat membaca artikel di bawha ini: Imunisasi Semoga membantu dr. Yosephine