Tanya Dokter

  • Mengalami tekanan pada kepala, apakah kepala akan membesar?

  •  shakri
    Anggota

    salam dok.......jika kita mengalami tekanan yang melampau pada bahagian kepala adakah metabolisma akan semakin meningkat pada bahagian kepala dan adakah kepala akan mudah membesar.....

    Dear Sakhri

    Tekanan intrakranial adalah nilai tekanan di dalam rongga kepala. Tekanan ini berada di dalam tulang tengkorak yang artinya meliputi jaringan otak, cairan serebrospinal dan pembuluh darah otak.

    Penyebab yang paling umum seseorang mengalami peningkatan tekanan intrakranial adalah adanya cedera pada kepala akibat pukulan atau benturan yang mengenai kepala. Namun kondisi lain sepert infeksi, tumor pada otak, sroke, aneurisma dsb juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan.

    Pada bayi, sutura tulang tengkorak yang belum menutup sempurna menyebabkan ubun-ubun menonjol, dan bahkan pada kasus hidropsefalus (penumpukan cairan otak dan sumsum tulang)  dapat menyebabkan kepala menjadi terus membesar.

    Pada usia dewasa tulang terngkorak kita sudah keras dan semua sutura sudah menutup sempurna sehingga tidak akan terjadi pembesaran akibat peningkatan tekanan didalam rongga kepala. Namun, organ-organ didalam yaitu otak dan pembuluh darah akan mengalami tekanan sehingga muncul gejala-gejala seperti  peningkatan tekanan darah, penurunan laju nadi, sesak nafas , hingga penurnan kesadaran karena pusat pernafasan, regulasi otonom  hingga  pusat kesadaran akan ikut tertekan. 

    Adanya tumor dan keganasan pada jaringan lunak ataupu  tulang dibagian kepala memang dapat membesar hingga menyebabkan distorsi, namun sumbernya biasanya bukan dari dalam rongga kepala.

    Tujuan utama dari penanganan medis pada peningkatan tekanan intrakranial yaitu mengurangi tekanan di kepala hingga mencapai nilai normal yang diharapkan. Salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah mengurangi cairan serebrospinal dengan pemasangan shunt, yakni selang halus yang dihubungkan melalui lubang kecil di tengkorak.

    Tindakan lain yang juga dapat dilakukan oleh dokter untuk mengatasi peningkatan tekanan intrakranial adalah:

    • Perawatan di rumah sakit, sehingga mempermudah dilakukannya pemasangan alat bantuan pernapasan dan bantuan medis lain untuk membantu fungsi yang terganggu ketika peningkatan tekanan intrakranial terjadi.
    • Pemberian obat-obatan tertentu untuk mengurangi pembengkakan jaringan otak dan meredakan peningkatan tekanan intrakranial.
    • Membuka sebagian tulang tengkorak . Tindakan operasi ini dilakukan sementara dalam keadaan darurat untuk mencegah kerusakan jaringan otak lebih lanjut.

    Sekian, semoga dapat dimengerti

    silahkan bertanya kembali apabila belum jelas


    Dr. Siti Rahmayanti