Tanya Dokter

  • Kelainan pada pembuluh darah di esofagus

  •  kala dandekar
    Anggota
    halo dok, mau tanya selain varises esofagus,ada ga penyakit lain terkait pembuluh darah di tenggorokan ,?? saya baca di alodokter.com ttg gejala varises esofagus,tidak sesuai dengan yg dirasakan . terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan

     

    Penyebab terbanyak dari kelainan pada pembuluh darah di esofagus adalah varises esofagus yang pada dasarnya memiliki kosekuensi perdarahan pada saluran cerna bagian atas, menyebabkan muntah darah dan atau BAB hitam (melena). Gejala-gejala lain hanyaah akibat labih lanjut dari perdarahan tersebut yang bisa muncul / tidak tergantung dari seberapa benayak perdarahannya dan seberapa besar kompoensasi tubuh penderitanya.

    Demikian pula varises esofagus hanyalah merupakan komplikasi akhir dari kondisi yang lebih mendasar , yakni hipertensi porta yang sebagian besar disebabkan penyakit hati kronik seperti kanker hati dan sirosis / pengerasan hati. Akan tetapi penyebab hipertensi porta non sirotik lain juga perlu dipertimbangan seperti trombosis / penyumbatan pada vena porta, sindrom budd chiari, dan lain sebagainya.

    Jika Anda memiliki keluhan serupa itu, maka sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter penyakit dalam, khususnya ahli gastroenterohepatologi. Pemeriksaan seperti endoskopi akan sangat membantu untuk menegakkan diagnosis.

     

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr Lili