Tanya Dokter

  • Penyebab pelebaran pembuluh darah pada testis

  • Izin bertanya dok apakah pembuluh darah diatas testis ketika kantung testis sedang longgar apakah bentuknya berkelok ,namun ketika tarik nafas atau mengeden berubah menjadi lurus ,kenapa ya?

    Halo,

    Normalnya pembuluh darah di atas testis tidak terlihat berkelok-kelok. Apa yang Anda alami mungkin merupakan kondisi varikokel.

    Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik yang terdapat di kantong testis. Proses varikokel mirip dengan pembengkakan pada penyakit varises di kaki, namun terjadi di dalam kantong testis. Varikokel sering tidak menimbulkan gejala, kadang pada orang tertentu menimbulkan rasa tidak nyaman/nyeri ringan pada kantong testisterutama bila berdiri atau melakukan aktivitas fisik terlalu lama, dan mereda saat penderita berbaring. 

    Varikokel seringnya tidak memerlukan penanganan yang khusus. Namun pada kondisi tertentu, bila tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi menyusutnya testis sehingga dapat menyebabkan kemandulan. Testis merupakan tempat produksi sperma, sehingga bila testis mengalami kerusakan dan penyusutan, akan menurunkan kualitas dan jumlah sperma yang diproduksi oleh testis.

    Pembuluh darah yang berubah menjadi lurus ketika mengedan, terjadi karena tekanan di dalam perut meningkat dan membuat tekanan dalam kantong testis juga meningkat sehingga secara sementara permukaan kulit meregang dan nampak seperti pembuluh darah tidak berkelok lagi.

    Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan medis langsung dengan Dokter Spesialis Urologi untuk memastikan bahwa kondisi yang Anda alami bukan merupakan suatu kelainan atau penyakit. Penanganan yang terbaik akan dilakukan bila ditemukan kelainan medis pada testis Anda.

    Sementara itu, jaga kesehatan penis&testis dengan tips sebagai berikut : 

    • Bersihkan area selangkangan 2x sehari saja dengan sabun, untuk menghindari kulit area selangkangan menjadi kering. Bila belum sunat, bersihkan bagian kepala penis yang tertutup kulit kulup dengan air mengalir.
    • Lap kering setiap bagian tubuh, terutama lipatan tubuh yang tetutup pakaian seharian. Ganti pakaian dan celana bila berkeringat.
    • Hindari penggunaan bedak ataupun produk kulit pada area selangkangan.
    • Lakukan pemeriksaan testis secara rutin, dengan cara memegang penis di tangan kiri dan periksa apakah terdapat benjolan tidak biasa pada kulit kantung testis. Raba tiap testis dengan ujung jari tangan Anda. Lihat dan rasakan apakah ada perbedaan ukuran, bentuk, terdapat benjolan atau tidak. Periksa juga bagian atas dan ujung tiap testis.

     

    Baca lebih lanjut mengenai Varikokel dalam artikel Alodokter dengan klik di sini. 

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda. 

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.