Tanya Dokter

  • pemeriksaan penyakit hiv aids

  •  yaraa
    Anggota
    Malam dok , saya mau bertanya . perlu berapa kali pengecekan hiv setelah pengecekan pertama negatif ?

    Halo yaraa......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) merupakan suatu virus yang menyerang kekebalan tubuh, sehingga Penderitanya bisa lebih mudah terserang penyakit.

    Untuk mendeteksi apakah seseorang terkena infeksi HIV, biasanya dilakukan tes HIV. Berdasarkan pedoman, tes HIV dilakukan dalam waktu satu bulan setelah pajanan atau perilaku berisiko yang terakhir dilakukan.

    Apabila hasilnya negatif, maka dilakukan tes HIV ulang tiga bulan setelah pajanan. Tes HIV yang dilakukan tiga bulan setelah pajanan sudah bisa dikatakan konklusif. Sehingga jika tes yang dilakukan tiga bulan atau lebih setelah pajanan hasilnya negatif, maka Anda kemungkinan besar HIV negatif.

    Namun terdapat sedikit kasus sekitar 0,03 % yang hasil tes HIV nya negatif, namun sebenarnya positif. Oleh sebab itu, terkadang dilakukan tes HIV kembali setelah enam bulan terpajan untuk lebih meyakinkannya lagi.

    Kami sangat menyarankan untuk mendiskusikan masalah ini kepada dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TES HIV

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati