Tanya Dokter

  • Pemeriksaan laboratorium yang tepat untuk infeksi menular seksual

  • Selamat Siang Dok, Nama Saya Acong Saya Ingin Bertanya, Jika ingin melakukan pemeriksaan Laboratorium untuk penyakit IMS keseluruhan Mengetahui apakah positif atau tidak nya jenis Virus yang terinfeksi, dilakukan test uji laboratorium kategori apa Yah?? Terimakasih

    Halo,   Pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi Penyakit menular seksual ada banyak dan pastinya merupakan pemeriksaan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Sehingga akan lebih bijak jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui jenis pemeriksaan yang Anda butuhkan saja sesuai dengan keluhan Anda. Beberapa jenis pemeriksaan untuk mengetahui adanya PMS antara lain adalah :

    1. Tes darah lengkap.
    2. Tes urine lengkap.
    3. Anti HIV.
    4. VDRL.
    5. TPHA.
    6. Kultur lendir / swab organ intim.
    7. Parasitologi = trikomonas dll.
    8. Tes TORCH = IgG dan IgM herpes simplek.
    9. dll.
    Kesemua jenis pemeriksaan memiliki spesifik dan spesifitas untuk penyakit tertentu. Maksudnya adalah sebagai contoh pada pemeriksaan anti HIV memerlukan waktu minimal 3 bulan untuk melakukan pemeriksaan dan mengharapkan hasil  yang akurat karena pada HIV terdapat periode jendela dimana anti HIV baru terbentuk 3 bulan paska terekspose oleh virus tersebut. Semua penyakit menular seksual memiliki masa inkubasi masing masing yang berbeda. Masa inkubasi adalah masa dari seseorang terinfeksi sampai tubuh akhirnya menimbulkan gejala baik secara fisik dan hasil laboratorium. Baca artikel PMS  dan Medical check up kesehatan. Semoga membantu.   dr. Yusi Semoga membantu.

    Rashied Siie Koyo Berdasi  Udinn
    Anggota

    Dok, bagaimana klo sifilis dok?apakah perlu bbrpa bulan??