Tanya Dokter

  • Pemulihan patah tulang belakang

  •  dearika69
    Anggota
    Dok, bapak saya terjatuh dari ketinggian 2m dgn posisi terduduk dan ternyata ditemukan 3 tulang belakang nya patah. Namun saat kejadian, dokter rsud tdk menemukan patah tulang tsb & memutuskan utk fisiotherapy. Setelah kami pindah RS, ketahuan patahnya setelah 2 minggu kemudian dan baru mendapat tindakan dipasang pen. Skr bapak saya sudah tidak nyeri pinggang lagi, namun sebagian fungsi saraf dri panggul kebawah tidak berfungsi seperti BAB BAK tdk terasa serta kaki tidak dapat digerakkan. Apakah bapak saya bisa kembali normal seperti sedia kala? Apa yg harus kami lakukan dok utk mempercepat pemulihan? Utk informasi, bapak saya juga memiliki riwayat DM tipe 2. Mohon penjelasannya dok. Trims.

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Di daerah tulang belakang selain terdapat tulang juga terdapat saraf yang posisinya sangat dekat dengan tulang. Saraf ini disebut medula spinalis. Jika terdapat patah pada tulang belakang, maka saraf ini pun berisiko untuk terkena kerusakan. Keluhan BAB dan BAK tidak terasa dan kaki tidak dapat digerakkan dapat diakibatkan oleh cedera pada saraf tulang belakang tersebut. Gangguan pada saraf juga dapat diperberat jika mengalami diabetes dan gula darahnya tidak terkontrol. Namun, selain akibat patah tulang, gangguan pada saraf tulang belakang juga dapat diakbatkan oleh : 

    1. infeksi pada saraf tulang belakang

    2. Herniasi nukleus palposus (saraf terjepit)

    3. Adanya tumor atau kanker pada daerah tulang belakang

    4. Adanya perdarahan pada daerah tulang belakang

    Anda sebaiknya memeriksakan kembali Ayah Anda ke dokter saraf untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab keluhan yang dialami. Dokter akan melakukan wawncara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, X ray, atau MRI. Jika keluhan ini diakibatkan oleh cedera saraf maka penyembuhannya memang sulit karena jaringan saraf merupakan jaringan yang sulit untuk beregenerasi. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter mengenai terapi yang sesuai. 

    Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Tetap latih kaki ayah Anda dengan mencoba menggerakkan sebisa mungkin. Mungkin dengan menggeser kaki ke kanan ke kiri terlebih dahulu jika memungkinkan. Awalnya mungkin bisa Anda bantu untuk menggerakkanna (latihan pasif). Latihan pasif juga dapat membantu mencegah otot-otot kaki menjadi mengecil. 

    2. Ubah posisi ayah Anda setiap hari dengan cara mengubah menjadi miring ke kiri atau miring ke kanan. Ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya luka pada daerah pantat yang dapat menjadi sumber infeksi. Gunakan tempat tidur yang lembut dan nyaman. 

    3. Gunakan popok dewasa dan ganti secara rutin dan teratur

    4. Kontrol gula darah dengan mengonsumsi obat secara teratur dan menjaga pola makan. Hindari terlalu banyak gula dan kurangi asupan lemak

    5. Kontrol ke dokter secara teratur

    Semoga bermanfaat

    Salam, 

    dr.Angga