Tanya Dokter

  • Pemulihan setelah operasi usus buntu

  • Selamat sore dokter , aku mau tanya lagi nih dok soal pasca operasi usus buntu aku !! Waktu tanggal 24 Januari 2015 kemarin aku melakukan pengangkatan usus buntu aku dok , Selama empat minggu setelah operasi aku sudah melakukan hubungan suami istri sama suamiku , tapi tidak merasa sakit dok karena di bedah nya di perut kanan bagian bawah bukan di bawah pusar karena baru gejala dok !! Yang mau aku tanyain apakah aku boleh hamil dok atau tunggu beberapa bulan kedepan ?? Karena masa pemulihan aku masih baru 1 bulan lebih dok !! Soalnya aku udah ngerasain tanda" nya dok payudara aku sakit terasa berat , perut bagian bawah sakit kaya dateng bulan gitu , padahal siklus menstruasi aku masih lama dok tanggal 17 Maret , masa subur aku juga udah kelewat !! Mohon jawaban nya yah dok , Terimakasih doketer :):)

    Jawab dong dokter :(

    Hai,   Ya, Anda boleh hamil walaupun pasca operasi usus buntu 1 bulan yang lalu. Pasca operasi memang sebaiknya pemulihan diutamakan dulu agar kondisi Anda segera fit kembali. Pemulihan pasca usus buntu dioperasi bisa berlangsung 4-6 minggu untuk kesembuhan 100%. Jadi jika Anda hamil saat ini maka hal ini tidak akan berpengaruh pada proses penyembuhan usus buntu Anda. Untuk pemastian kehamilan Anda sebaiknya Anda melakukan pengecekan dengan testpack. Anda bisa melakukan pengetesan 1-2 minggu pasca hubungan intim terakhir. Beberapa ciri kehamilan adalah :

    1. Tidak menstruasi
    2. Payudara terasa tegang
    3. Sensitif terhadap bau bauan
    4. Mual muntah di pagi hari
    5. Sakit kepala
    6. Perasaan mengantuk
    7. Dll
    Anda bisa membaca laman berikut untuk info tambahan. Apakah saya hamil?   Semoga membantu.     Dr. Yusi    

    Ouh jadi boleh dok syukur deeh :) Tapi kan aku masih minum obat dok , berpengaruh engga ke bayi nya ??

    Hai,   Sebelum menghentikan obat yang Anda minum sebaiknya pastikan dulu kehamilan Anda dengan melakukan pengecekan kehamilan yang paling mudah yaitu testpack. Anda bisa melakukan pengetesan sendiri di rumah dengan hasil positif ( hamil ) adalah munculnya dua garis merah pada strip testpack. Jika ternyata Anda hamil, segera konsultasikan dengan dokter kandungan / dokter yang merawat operasi usus buntu Anda apakah pengobatan harus dihentikan atau boleh tetap dilanjutkan.   Semoga membantu.   Dr. Yusi

    Oh gitu dok , kalau misalkan hamil keluarga takut nya perut kan semakin besar dan jahitan nya itu ke buka dok ?? itu yang mereka takutin dok !! Operasi aku juga kecil cuma sejari kelingking aku aja dok !!

    Hello,   Proses penyembuhan usus buntu 100 % membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu (1-2bulan). Saat dinyatakan sembuh dianggap bahwa luka tersebut telah meutup dengan rapat dan sempurna. Tidak sama seperti operasi caesar yang juga ikut memotong rahim, operasi usus buntu hanya menyayat kulit sampai lapisan peritoneum (pembungkus perut). Usus buntu yang dipotong pun dijahit kembali dan tidak akan mengalami pembesaran saat kehamilan terjadi ( sementara rahim akan meregang dan membesar jika terjadi kehamilan yang berpotensi bisa menyebabkan bekas jahitan lama terbuka). Konsultasikan secara langsung dengan dokter kandungan Anda mengenai info lengkapnya. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi