Tanya Dokter

  • pemulihan yang dilakukan pasca stroke ringan

  •  dewi ar
    Anggota

    dok, suami sy bru saja mengalami stroke ringan akibat hipertensi dn penyumbatan lemak di btg otak sebulan yg lalu, jg terdpt pembuluh drh yg pecah tetapi hanya 0,14 ml sj. Skrg suami sy dlm thp pemulihan, yg ingin sy tnykan bagaimana cara pemulihan pasca stroke ringan dg keluhan penglihatan agak buram disertai kaku pd punggung sblh kanan jg rasa kesemutan pd tangan dn kaki sebelah kanan? Apakah ada obat utk mengatasi hal tsb atau hny terapi?

    Halo Bu Dewi, Untuk menentukan perkiraan kesembuhan seorang penderita stroke tentunya seorang dokter harus melihat beberapa faktor berikut ini :

    • Lokasi yang terkena
    • Luas area yang terkena
    Stroke ringan merupakan alarm atau tanda waspada karena serangan stroke ini dapat mengarah ke serangan stroke yang lebih berat. Untuk mencegah agar tidak terjadi hal tersebut, maka dokter akan memberikan pengobatan bagi pemicu terjadinya stroke ringan. Bagi penderita stroke ringan atau stroke sesaat yang disebabkan oleh hipertensi dan kadar kolesterol yang tinggi, dokter akan memberikan pengobatan berupa obat anti hipertensi dan obat anti kolesterol. Pemulihan pada penderita stroke lebih ditekankan pada proses rehabilitatif yang meliputi dokter spesialis, fisioterapis, perawat, dll. Dengan proses fisioterapis yang rutin, diharapkan keluhan yang dialami oleh suami Anda seperti rasa kesemutan dan kaku pada punggung dapat berkurang secara bertahap. Sedangkan keluhan pandangan kabur, diperlukan pemantauan khusus oleh dokter spesialis mata. Dokter mata akan memeriksa dan akan memberikan Anda perkiraan tentang pemulihan pandangan kabur yang dialami oleh suami Anda. Penderita stroke pastinya mengalami perubahan dalam hal fisik maupun emosional. Hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam mendampingi penderita stroke :
    • Terus dampingi saat sesi fisioterapi
    • Beri dukungan moril
    • Beradaptasi dengan kondisi mereka
    • Bersabar dalam menghadapi perubahan kepribadian yang dialami oleh penderita stroke
    Silahkan baca artikel berikut tentang pemulihan stroke Semoga membantu, dr. Tri