Tanya Dokter

  • Penangan tepat untuk tumor ovarium

  •  Raline
    Anggota
    Dok, seorang wanita berumur 45 tahun didiagnosa tumor ovarium. Dokter akan melakukan tindakan operasi terkait hasil diagnosa tersebut. Diantara dokter dibawah ini. Mana saja dokter yang terlibat dlm operasi Dr bedah, dr anestesi, dr PA, dr PK, dr obgyn, paramedis, dr. Anestesi dan dr. Radiologi. Apakah paramedis perlu disertakan dlm operasi? Mengapa perlu bantuan kerjasama dengan paramedis? Terimakasih dok
    Raline  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Raline,

     

    Tumor ovarium merupakan adanya benjolan yang terdapat pada indung telur (ovarium) yang dapat bersifat baik jinak ataupun ganas. Terjadinya tumor pada tubuh termasuk pada ovarium umumnya dilakukan operasi untuk mengangkat tumor dari organ tertentu.

     

    Pada saat melakukan operasi, karena operasi pada tumor ovarium termasuk operasi jenis besar tentunya diperlukan kerja sama dalam tim dokter dan juga perawat. Dokter anestesi dalam hal ini berperan untuk melakukan anestesi (pembiusan) serta menentukan kelayakan operasi pada pasien dan memantau kondisi pasien selama operasi. Dokter Obsgyn (kandungan) yang dalam hal ini bertindak sebagai operator dalam proses pengangkatan tumor. Pada kondisi tertentu dimana dibutuhkan dapat hadir seorang dokter spesialis PA (Patologi Anatomi) untuk melakukan pemeriksaan jaringan tumor di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah sel-sel bersifat ganas atau jinak.

     

    Selain itu, dalam berlangsungnya operasi juga terdapat perawat yang bertugas sebagai asisten dokter dan membantu tugas dalam proses pengangkatan tumor sehingga operasi dapat berlangsung dengan lancar. Oleh sebab itu, dalam sebuah tindakan operasi, terutama operasi besar dibutuhkan kerja sama dalam tim baik dokter dan perawat untuk melakukan prosedur operasi.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi