Tanya Dokter

  • Penanganan herpes di bagian tertutup

  •  Ditzz
    Anggota

    malam dok saya mau nanya nih

    saya kena penyakit herpes di tempat tempat tertutup gimana cara ngatasinnya yaa ?

    saya skrg ini lgi kena pnyakit infeksi radang sendi tulang yg membuat saya banyak menghabiskan waktu di tempat tidur karna pinggul saya di PEN dan skrg ini saya kena herpes jga di bagian punggung dan terus menyebar ke pinggang dan pantat saya cara menangani yg tepat gmana yaa dok ?

    selama ini saya cuma pake salep dan minum antibiotik ta[i udh sebulan ini gatalnya masih sering.

    mohon bantuannya dok, makasih

    Halo,   Penanganan herpes zooster di punggung adalah dengan memberikan obat antivirus oral seperti acyclovir. Terkadang acyclovir salef juga bisa diberikan untuk membantu meredakan infeksi virus tersebut. Herpes zoster adalah infeksi virus yang menyerang saraf. Menimbulkan keluhan nyeri , rasa gatal dan panas pada daerah yang terinfeksi. Disebabkan oleh virus varicella zoster, penyakit ini adalah penyakit virus yang pertama kali muncul sebagai cacar air. Kemudian virus akan dorman dalam tubuh dan jika terresktivasi kembali akan muncul sebagai herpes zoster. Untuk mengurangi gatal, Anda bisa meminum obat pereda  gatal seperti antihistamin jenis cetirizine dan loratadin, melakukan kompres dingin pada daerah yang gatal juga bisa membantu. Memberikan lotion penyejuk calamin juga membantu meredakan gatal akibat infeksi virus ini. Jika gatal masih menganggu sementara lenting herpes sudah tidak ada/ mengering maka Anda mungkin mengalami neuralgia paska herpes. Penanganan neuralgia paska herpes adalah dengan pemberian antinyeri selama beberapa waktu sampai keluhan menghilang. Untuk info yang lebih jelas Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat. Baca topik Herpes. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.  

    Ditzz  Ditzz
    Anggota

    iyya dok luknya siih sudah mulai mengering gttu cuma karna gatal yg teramat sangat kadang suka ke garuk lgi jdi tadinya kering ke kelupas lgi. kira kira obat buat menahan gatalnya yg bagus apa yaa dok ?